Selasa, 15 Juli 2008

INGGRIS PERMUDAH URUSAN VISA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

INGGRIS PERMUDAH URUSAN VISA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

INGGRIS PERMUDAH URUSAN VISA

Fenomena menarik terjadi di final Liga Champions dan Piala UEFA. Seolah-olah terjadi migrasi antara orang Inggris dan Rusia. Orang Inggis akan bertandang ke Rusia, tepatnya Stadion Luzhniki untuk menyaksikan tim kesayangan mereka berlaga di final Liga Champions. Sedangkan orang Rusia akan menemani tim jagoannya menjalani laga final Piala UEFA yang akan digelar di Stadion City of Manchester.
Pendukung MU dan Chelsea sempat mencemaskan masalah visa yang semestinya mereka butuhkan untuk dapat memasuki Rusia }. Beruntung, setelah menjalani proses negosiasi alot, pemerintah Rusia mengizinkan fans MU dan Chelsea menonton pertandingan final tersebut tanpa harus mengantongi visa }.
Mungkin terpengaruh sikap terbuka yang ditunjukkan pemerintah Rusia, maka pemerintah Inggris pun memudahkan pengurusan visa bagi penonton partai final Piala UEFA yang berasal dari Rusia. Memang, para penonton tersebut tidak sepenuhnya bebas visa, namun pemerintah Inggris berjanji bahwa visa tersebut akan dapat diperoleh dengan gratis. Untuk mendapatkan visa gratis tersebut, pemohon hanya perlu mendaftarkan diri ke situs Kantor Urusan Luar Negeri Inggris, www.visa4uk.fco.gov.uk.

Kemudahan mendapatkan visa yang dilakukan oleh kedua negara ini dapat dipandang sebagai langkah positif. Sebab Rusia dan Inggris pernah berseteru akibat pembunuhan yang dilakukan oleh mantan agen Rusia, Alexander Litvinenko di London pada 2006 silam. Saat itu, Moskow menolak menyerahkan Litvinenko untuk diadili di Inggris.
UEFA sendiri telah menyerahkan sebanyak 13.000 lembar tiket bagi klub Zenit untuk dijual kepada para pendukungnya. Selain untuk pertandingan final Liga Champions, anggota Parlemen Rusia, Mikhail Grishakov, mengatakan bahwa berdasarkan hukum Rusia yang baru, bebas visa juga akan dikenakan bagi peserta ajang-ajang olah raga internasional lainnya yang akan digelar di negara tersebut, seperti Olimpiade Musim Dingin 2014.

sumber Inggris Permudah Urusan Visa : LiputanBola.Com
Inggris Permudah Urusan Visa

Tidak ada komentar: