Selasa, 15 Juli 2008

Kericuhan Suporter Warnai Final Piala UEFA Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KERICUHAN SUPORTER WARNAI FINAL PIALA UEFA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KERICUHAN SUPORTER WARNAI FINAL PIALA UEFA

Final Piala UEFA yang mempertemukan Zenit St Petersburg versus Rangers tercoreng. Malam puncak turnamen antara klub Eropa kelas dua diwarnai aksi kerusuhan massal yang melibatkan para pendukung kedua tim dan pasukan keamanan setempat.
Seorang suporter asal Rusia menjadi korban penusukan. Insiden terjadi di luar City of Manchester Stadium yang menjadi venue malam final yang berakhir 2-0 dan mengantar Zenit meraih trofi Eropa untuk pertama kalinya.
Greater Manchester Police membenarkan adanya korban penusukan. GMP mengkonfirmasi si korban tidak terancam jiwanya dan telah mendapat perawatan di rumah sakit. Sebanyak enam orang di tahan akibat insiden penyerangan tersebut yang diduga kuat merupakan suporter Rangers.
Kericuhan suporter memang dikhawatirkan akan meledak. Sekitar 100.000 fans Rangers tumplek di Kota Manchester dan itu belum ditambah oleh 9.000 suporter Zenit yang menyebrang dari Rusia. Benar saja, ribuan suporter Rangers yang tidak memegang tiket terlibat bentrok dengan petugas keamanan di area nonton bareng di Piccadilly Gardens. Keributan dipicu oleh rusaknya layar raksasa yang sengaja disediakan oleh panitia pertandingan.
Seperti dilansir Sporting Life, botol dan kaleng bertebrangan ke arah polisi. Sementara polisi yang sempat mundur kembali melabrak dan menghajar perusuh dengan pentungan dan tameng. Setelah insiden pertama usai seorang suporter terbaring di jalan akibat mengalami cedera. Ditambah jumlah enam orang yang ditahan akibat insiden penusukan, total 30 suporter ditahan oleh pihak berwenang.
Juru bicara GMP berkata: “GMP berharap semua suporter bisa menjaga tindakan dan datang ke Manchester untuk menyaksikan dan menikmati atmosfir dengan lancar. Tidak ada ampunan bagi yang niat berbuat onar.” Insiden ini kembali mencoreng persepakbolaan Eropa akibat ulah suporter.
Para suporter berkilah bahwa kesalahan ada pada panitia pertandingan. Layar yang tidak bekerja jelas membuat ribuan suporter kesal bukan kepalang. “Orang-orang Manchester sangat fantastis—tapi panitia di balik pertandingan final ini sungguh memalukan. Beberapa suporter sangat marah. Mereka menghabiskan banyak uang dan meluangkan waktu dan tenaga untuk menyaksikan laga penting ini. Tapi ternyata…,” ujar seorang fans Rangers kepada BBC.

sumber Kericuhan Suporter Warnai Final Piala UEFA :
KERICUHAN SUPORTER WARNAI FINAL PIALA UEFA

Tidak ada komentar: