Selasa, 15 Juli 2008

FULHAM DAPAT TIKET GRATIS KE UEFA CUP? SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FULHAM DAPAT TIKET GRATIS KE UEFA CUP? SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FULHAM DAPAT TIKET GRATIS KE UEFA CUP?

Bagai mendapat durian runtuh. Kemenangan atas Portsmouth di partai terakhir kompetisi, tidak hanya mempertahankan status Fulham sebagai penghuni Liga Premier musim depan, melainkan bisa membawa klub yang bermarkas di Craven Cottage itu bertanding di ajang Eropa, yaitu babak kualifikasi putaran pertama UEFA Cup.
Sebagaimana diketahui, babak kualifikasi UEFA Cup terdiri dari dua babak yang biasanya digelar di bulan Juli dan Agustus. Selain tim-tim yang lolos lewat jalur Intertoto Cup, UEFA memutuskan memberi tiga tempat kepada tim-tim yang dinobatkan sebagai pemenang Fair Play Ranking. Dari tiga tim itu, satu tempat telah dipastikan milik Inggris. Dua lainnya bakal diperebutkan oleh Norwegia, Denmark, Swedia, Finlandia, Jerman, Spanyol, dan Prancis.
Sampai pekan ke-37 kompetisi premiership, satu jatah Inggris hampir dipastikan menjadi milik Manchester City. Pasalnya, sampai 5 Mei 2008, The Citizens menempati ranking kelima dalam daftar Fair Play Table Liga Premier. Empat tim lainnya yang mempunyai koefisien jauh lebih baik dibanding Man City adalah Tottenham Hotspur, Manchester United, Liverpool, dan Arsenal. Spurs telah memastikan diri meraih tempat di babak penyisihan grup UEFA Cup. Sementara tiga tim elite premiership dipastikan bermain di ajang Liga Champions.
Namun, jalannya pertandingan di Fratton Park antara Pompey vs The Cottagers berbanding kontras dengan yang terjadi di Riverside Stadium yang menggelar pertandingan Middlesbrough vs Man City. Dalam partai yang berkesudahan dengan skor menyolok bagi tuan rumah, 8-1, itu, tim tamu, The Citizens, harus mendapat pengurangan poin fair play akibat dikartumerahkannya secara langsung kapten tim Richard Dunne. Sementara, Danny Murphy dkk bersih dari hukuman kartu.
Dengan deduksi tiga poin plus satu angka dari kartu kuning yang diterima bek Sun Jihai, maka total jenderal poin fair play Man City berkurang empat poin. Melihat tabel Fair Play Liga Premier, pengurangan itu membuat posisi The Citizens bakal melorot ke posisi ketujuh yang sebelumnya ditempati Fulham.
Hal inilah yang memicu spekulasi jika Fulham-lah yang berhak mewakili Inggris ke ajang babak kualifikasi UEFA Cup putaran pertama. Sebab, posisi The Cottagers justru naik seiring dengan reward atau hadiah 10 poin dengan bebasnya anak-anak asuhan Roy Hodgson dari hukuman kartu. Sementara, posisi keenam ditempati Everton yang sudah memastikan diri lolos ke babak penyisihan bersama-sama Spurs.
Kemungkinan meraih tiket lewat Fair Play Ranking itu diakui kubu Fulham. “Sangat jelas jika kini kami sangat mungkin dapat bertanding di UEFA Cup. Memang, proses penghitungan tabel sangat rumit. Tapi, kami tahu betul posisi kami sangat menjanjikan . Karenanya, kami berharap kepastian dari Liga Premier di awal pekan depan,” kata Sarah Brooks, juru bicara klub, seperti yang dikutip Team Talk.
Untuk menentukan daftar terakhir dari tabel Fair Play, Liga Premier terlebih dahulu harus meneliti dan menghitung jumlah kartu yang diterima masing-masing tim di pertandingan pamungkas, Minggu, 11 Mei, kemarin. Selain itu, faktor yang diperhitungkan dalam penentuan jumlah koefisien fair play juga meliputi sikap para pemain setiap tim kepada para pemain lawan dan kepada wasit serta tindakan para ofisial tim di bench.

sumber Fulham Dapat Tiket Gratis ke UEFA Cup? : LiputanBola.Com
Fulham Dapat Tiket Gratis ke UEFA Cup?

Tidak ada komentar: