Minggu, 20 Juli 2008

UEFA Coret Porto dari Liga Champions Seputar Berita Dunia Sepak Bola

UEFA CORET PORTO DARI LIGA CHAMPIONS SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

UEFA CORET PORTO DARI LIGA CHAMPIONS

Pukulan telak menimpa klub elite Portugal dan juara kompetisi BwinLiga musim 2007-08 lalu, FC Porto. UEFA, melalui Komisi Disiplin, mencoret The Dragons—julukan Porto—dari daftar tim yang berhak tampil di babak penyisihan grup Liga Champions musim depan.
Porto dituding terbukti bersalah: terlibat Apito Dourado atau Golden Whistle, skandal pengaturan hasil pertandingan dan penyuapan wasit yang terjadi di musim 2003-04 lalu ketika tim masih ditangani Jose Mourinho.
Keputusan itu dilansir UEFA dalam situs resminya. “Setelah mempelajari hal-hal yang terkait dengan skandal penyuapan wasit di pertandingan domestik kompetisi Portugal musim 2003-04, Komisi Disiplin UEFA memutuskan FC Porto tidak diizinkan tampil di Liga Champions musim 2008-09.” Kubu Porto sendiri menyatakan akan naik banding terhadap putusan tersebut.
Isu Apito Dourado mulai timbul ke permukaan publik dalam beberapa tahun terakhir. Pada April lalu, setelah melakukan penyelidikan atau investigasi terhadap dua partai liga yang terjadi di musim 2003-04, Komisi Disiplin Liga Profesional Portugal menjatuhkan hukuman berupa penalti enam poin dan denda sebesar 150 ribu euro kepada Porto.
Ketika itu manajemen The Dragons membuat keputusan tidak akan melakukan banding terhadap sanksi tersebut. Pasalnya, Porto telah unggul jauh dari tim-tim saingannya, semisal Sporting Lisbon, Vitoria de Guimaraes, dan Benfica. Di akhir musim, Porto tampil sebagai juara untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dengan keunggulan 14 poin dibanding perolehan poin Sporting.
Selain menjatuhkan penalti poin dan denda, Komisi Disiplin pun memberi sanksi larangan tampil selama dua tahun dan denda sekitar 10 ribu euro kepada Presiden Klub, Jorge Nuno Pinto da Costa. Selain Porto, Komisi Disiplin pun mendenda Boavista, jawara liga di musim 2000-01, sebesar 180 ribu euro. Di akhir musim lalu, Boavista harus rela terdegradasi ke Liga de Honra.
Sementara itu, dalam proses investigasi, Komisi Disiplin tidak menyebut nama Mourinho yang ketika itu masih aktif menjadi pelatih Deco dkk.

sumber UEFA Coret Porto dari Liga Champions : LiputanBola.Com
UEFA CORET PORTO DARI LIGA CHAMPIONS

Tidak ada komentar: