Senin, 28 Juli 2008

Queiroz Hengkang, Cantona Datang? Seputar Berita Dunia Sepak Bola

QUEIROZ HENGKANG, CANTONA DATANG? SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

QUEIROZ HENGKANG, CANTONA DATANG?

Belum ada kabar atau konfirmasi resmi dari Manchester United terkait spekulasi hengkangnya asisten manajer Carlos Queiroz yang diplot menjadi suksesor Luiz Felipe Scolari sebagai pelatih Timnas Portugal. Meski demikian, tercatat dua kali media massa di Inggris berani mengklaim jika tangan kanan Sir Alex Ferguson berusia 55 tahun itu telah menyetujui tawaran yang disodorkan Federasi Sepakbola Portugal .
Yang terakhir, adalah artikel yang dilansir The Times Online. Senada dengan Daily Mail }, salah satu harian berpengaruh di Inggris itu juga mewartakan bahwasanya Queiroz telah menyatakan persetujuannya—untuk menangani Timnas Portugal—itu kepada Ferguson sendiri. Kehilangan Queiroz bisa jadi akan melemahkan daya tawar MU terhadap Real Madrid yang begitu bernafsu mencomot bintang The Red Devils, Cristiano Ronaldo.
Queiroz, yang disebut-sebut telah menjadi sosok ‘bapak’ bagi Ronaldo, diyakini bakal membubuhkan tanda tangannya dalam kontrak selama empat tahun bersama Portugal dengan bayaran yang diperkirakan sama besarnya dengan gaji yang diterimanya di MU, yaitu sekitar 1,2 juta pound per tahun. Selasa lalu, ditengarai Queiroz telah melakukan pembicaraan intensif dengan Presiden FPF, Gilberto Madail. Andaikata isu ini benar adanya, berarti untuk kedua kalinya Queiroz menangani tim senior Portugal setelah sebelumnya sukses menangani Timnas U-21.
Hengkangnya Queiroz, asisten kelima Ferguson sejak 1986, tentunya sangat memukul Ferguson. Kedatangannya ke Old Trafford di bulan Juni 2002 menjadi berkah bagi MU dan Ferguson yang kehilangan gelar premiership di musim 2001-02 . Ketika itu, lini pertahanan MU terbilang jeblok, kebobolan 45 gol. MU pun hanya mampu menempati peringkat ketiga dan harus melewati babak kualifikasi Liga Champions. Kontribusi Queiroz sangat berarti ketika di musim berikutnya, MU kembali menjadi raja Liga Premier.
Peran Queiroz itulah yang kemudian menarik minat Real Madrid yang mendaulatnya menjadi pelatih tim di musim 2003-04 menggantikan Vicente Del Bosque. Sayang, nasib Queiroz di Santiago Bernabeu terbilang buruk: Madrid hanya menempati peringkat keempat di klasemen akhir La Liga. Pada Mei 2004, Queiroz pun didepak dari jabatannya dan kembali bergabung ke Old Trafford. Berharganya Queiroz bagi Ferguson dan MU adalah kontribusinya dalam rekrutmen tiga bintang muda: Ronaldo, Nani, dan Anderson.
Sementara itu, terlepas dari benar tidaknya isu Queiroz di atas, Sunday Express melansir kabar jika legenda MU yang terkenal dengan aksi kung-fu-nya di 1995 lalu, Eric Cantona, sedang menimbang serius untuk kembali ke Old Trafford untuk menjadi coach atau pelatih.
Sejak keputusannya yang mengejutkan publik Inggris: gantung sepatu pada akhir musim 1996-97, Cantona pernah membuat ikrar tidak akan kembali ke MU selama klub masih dikuasai keluarga Malcolm Glazer. Namun, tampaknya, kini sikap King Eric, julukannya, mulai melunak. “Eric benar-benar tertarik dengan ide menjadi pelatih untuk membantu klub sekaliber MU,” ujar teman dekat Cantona. Benarkah? Kita tunggu saja.

sumber Queiroz Hengkang, Cantona Datang? : LiputanBola.Com
QUEIROZ HENGKANG, CANTONA DATANG?

Tidak ada komentar: