Sabtu, 19 Juli 2008

Kongres FIFA Setujui Formula “6+5” Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KONGRES FIFA SETUJUI FORMULA "6+5" SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KONGRES FIFA SETUJUI FORMULA "6+5"

Kongres FIFA yang ke-58 berlangsung di Sydney Opera House, Sydney, Australia, 29-30 Mei 2008. Di hari terakhir, Jumat ini, Kongres mendukung penuh proposal Presiden FIFA, Sepp Blatter, terkait pembatasan jumlah pemain asing dalam satu klub. Proposal Blatter itu lebih dikenal dengan sebutan aturan atau formula “6+5”. Artinya, ketika bertanding, setiap tim maksimal memainkan enam pemain lokal dan lima pemain asing.
Seperti yang dikutip Reuters dan AFP, dari 200 negara anggota yang hadir dan berhak memberikan suaranya, sebanyak 155 negara menyatakan persetujuannya terhadap aturan tersebut. Lima delegasi menyatakan hal sebaliknya: menolak aturan tersebut. Sisanya sebanyak 40 delegasi bersikap abstain. Artinya, resolusi ini memberi lampu hijau bagi FIFA untuk menerapkan aturan tersebut di masing-masing negara anggota. Rencananya, bakal dimulai pada 2012 mendatang.
Di lain pihak, resolusi ini bakal memicu “peperangan” antara FIFA dan UEFA dengan Uni Eropa . Jauh-jauh hari sebelum kongres digelar, Komisi Eropa, badan eksekutif UE menolak mentah-mentah formula tersebut. Pasalnya, sesuai dengan aturan yang berlaku di UE, setiap pesepakbola statusnya sama sebagai karyawan . Artinya, di mata UE, aturan itu melanggar hukum atau ilegal }.
Presiden UEFA, Michel Platini, yang mendukung penuh proposal Blatter itu, mengakui sulitnya penerapan aturan itu di kompetisi Eropa. “Masalah yang sangat sulit. Tentu saja, Eropa tidak berada dalam posisi yang nyaman. Tapi, kami akan melakukan sebisa mungkin untuk mendukung penuh aturan tersebut,” tegas Platini.
“Memang, aturan ini dinilai ilegal oleh UE. Wajar, sebab tidak semua orang yang berkecimpung dalam sepakbola bakal menyetujuinya. Ada liga yang mendukung, ada pula yang tidak. Pada umumnya, klub pun tidak setuju. Jadi, andaikata aturan ini ditetapkan, maka UEFA bakal berdiri dalam posisui yang sulit. Bisa jadi solusi akhirnya berujung di meja hijau,” tandas Platini.
Sebelum dibawa ke Kongres, Komite Eksekutif FIFA dengan bulat mendukung penuh aturan “6+5” itu. Satu sikap yang juga ditunjukkan Chairman Komite Sepakbola FIFA, Franz Beckenbauer. “Contoh yang terbaik dari dominasi pemain asing adalah apa yang terjadi di Inggris. Tiga tim Liga Premier mendominasi semifinal Liga Champions. Partai final antara MU dan Chelsea benar-benar luar biasa. Tapi, setelah laga usai, semua orang menyesali mengapa Inggris tidak mampu tampil di Euro 2008. Itulah sebenarnya alasan di balik aturan pembatasan pemain asing itu,” tandas Der Kaizer.

sumber Kongres FIFA Setujui Formula "6+5" : LiputanBola.Com
KONGRES FIFA SETUJUI FORMULA "6+5"

Tidak ada komentar: