Sabtu, 19 Juli 2008

Laporta dalam Bahaya! Seputar Berita Dunia Sepak Bola

LAPORTA DALAM BAHAYA! SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

LAPORTA DALAM BAHAYA!

Kabar yang teramat buruk bagi Presiden Barcelona, Joan Laporta. Gara-gara penampilan tim asuhan Frank Frijkaard yang merosot drastis dalam dua musim terakhir—tak mampu meraih satu gelar pun—kinerjanya mulai dipertanyakan. Bahkan, kini Laporta harus menghadapi mosi tidak percaya dari ribuan anggota klub.
Sejatinya, durasi kerja Laporta sebagai Presiden Klub baru akan berakhir pada Juni 2010. Namun, dengan adanya mosi tidak percaya tersebut, bisa jadi klub bakal melakukan referendum untuk mencari seorang presiden baru.
Adalah Oriol Giralt yang menjadi ‘provokator’ pihak oposisi yang menggelar mosi tidak percaya terhadap Laporta. Sesuai dengan aturan, dewan direksi dapat menyelenggarakan referendum jika minimal 3.591 anggota klub dari jumlah total sekitar 117.000 anggota menyuarakan ketidakpuasannya akan rezim yang tengah berjalan.
Seperti yang dilansir Reuters, Giralt berhasil mengumpulkan 9.473 suara anggota. Artinya, jauh lebih banyak dari minimal suara yang dibutuhkan untuk menggelar referendum di bulan Juli. Untuk dapat menggelar pemilihan presiden yang baru, pihak oposisi minimal meraih dua pertiga dari jumlah suara.
“Bahkan, kami sendiri sangat terkejut melihat begitu banyak anggota yang menandatangani mosi ini,” aku Giralt. “Jumlahnya luar biasa. Seyogyanya, presiden berkaca diri bahwasanya mayoritas anggota klub memintanya untuk mundur,” imbuhnya. Sebab, “Saya pikir, justru lebih sulit mengumpulkan tanda tangan untuk menggelar referendum dibanding meraih suara ketika pemilihan digelar,” tegas Giralt.
Ironisnya, trik ini—mosi tidak percaya—pernah dilakukan Laporta sendiri pada tahun 1998. Ketika itu, dengan mengusung grup Blue Elephant, Laporta mencoba menggoyang kursi presiden yang diduduki Josep Lluis Nunez. Sayang, langkah Laporta itu tidak mendapat dukungan yang cukup.
Andaikata proses referendum sukses yang artinya pemilihan presiden baru digelar, pihak oposisi masih kekurangan sosok yang mumpuni untuk menjadi lawan Laporta. Hanya satu sosok yang disebut-sebut telah menyatakan kesiapannya untuk bertarung dengan Laporta. Yaitu, mantan Wakil Presiden Los Blaugrana, Sandro Rosell. Meski demikian itu tak membuat Giralt dan pihak oposisi cemas.
“Situasi klub ini benar-benar buruk. Janji mereka memang banyak, tapi tidak yang terwujud. Prestasi klub menurun, para pemain pun jadi putus asa. Contohnya, Ronaldinho. Karena itu, kami pikir inilah saatnya kami melakukan perubahan. Kami berharap perubahan ini akan terjadi di akhir Juni atau awal Juli. Pendukung klub benar-benar sedih dan marah melihat kinerja presidennya,” pungkas Giralt.

sumber Laporta dalam Bahaya! : LiputanBola.Com
LAPORTA DALAM BAHAYA!

Tidak ada komentar: