Rabu, 16 Juli 2008

Kerusuhan Manchester Tak Akan Terulang Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KERUSUHAN MANCHESTER TAK AKAN TERULANG SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KERUSUHAN MANCHESTER TAK AKAN TERULANG

Menjelang perhelatan final Liga Champions 2008, pemerintah Rusia mewanti-wanti agar para pendukung Inggris, yakni fans MU dan Chelsea, yang akan menyaksikan partai puncak tersebut agar dapat menghormati mayarakat Moskow. Mereka pun menjamin peristiwa penikaman suporter Zenit St Petersburg tidak akan terulang. Untuk itu, Rusia menyiapkan enam ribu anggota kepolisian serta personel tambahan dari kesatuan militer untuk mengamankan partai final.
Antisipasi ini dilakukan Rusia karena mereka tidak mau kecolongan seperti peristiwa kerusuhan yang terjadi pasca final Piala UEFA Rabu lalu }. Meski demikian, menteri Olahraga Rusia, Vitaly Mutko, menjamin bahwa pengamanan yang dilakukan aparat Rusia tidak akan berupa penanganan ekstra keras seperti yang selama ini dilakukan oleh aparat keamanan Spanyol dan Italia dalam menangani pendukung Inggris.
Diperkirakan sebanyak 50.000 pendukung MU dan Chelsea akan menyemarakkan kota Moskow pekan depan. Mutko, yang juga turut menyaksikan laga final Piala UEFA, menyatakan telah melakukan pembicaraan via video call dengan para calon tamunya tersebut.
Dalam percakapan tersebut, Mutko menekankan pentingnya para pendukung untuk menghormati warga Moskow, serta siap menerima kekalahan. “Saya mendesak agar anda menghormati tradisi dan kebiasaan kami dan orang-orang yang hidup di kota . Di sepakbola selalu ada pihak yang menang dan kalah. Maka saya meminta kepada pendukung tim yang kalah , yang akan kecewa, agar dapat menjaga sikap dan perilakunya,” demikian bunyi pesan yang disampaikan Mutko seperti dikutip Goal.
Mutko melanjutkan dengan memastikan kalau pihaknya akan memfokuskan perhatian pada membuat para tamunya merasa aman dan nyaman selama berada di Moskow. “Kami akan melakukan segala yang dapat kami lakukan untuk menjamin tindakan kepolisian dan militer tidak akan melukai siapapun. Kami pun menjamin bahwa tidak akan ada balas dendam dari publik kami terhadap pendukung asal Inggris,” tandasnya.
Langkah antisipatif lainnya dilakukan pemerintah Rusia dengan melarang siapapun mengonsumsi alkohol di jalan-jalan umum. Plus, mereka tidak akan menyediakan televisi layar lebar bagi para pendukung yang tidak memiliki tiket. Artinya, pemerintah Rusia tidak mengharapkan para pendukung yang tidak memiliki tiket untuk memenuhi area luar stadion. Mengenai hal ini, MU pun sebelumnya telah menghimbau agar para pendukungnya yang tidak memiliki tiket untuk tidak berangkat ke Moskow }.

sumber Kerusuhan Manchester Tak Akan Terulang : LiputanBola.Com
KERUSUHAN MANCHESTER TAK AKAN TERULANG

Tidak ada komentar: