Rabu, 16 Juli 2008

Doll Tinggalkan Dormund Seputar Berita Dunia Sepak Bola

DOLL TINGGALKAN DORMUND SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

DOLL TINGGALKAN DORMUND

Mengakhiri musim dengan duduk di peringkat ke-13 Bundesliga tentu bukan hal yang pantas bagi klub sebesar Borussia Dortmund. Ini adalah posisi terburuk Dortmund selama 20 tahun terakhir. Pelatih harus bertanggung jawab, maka berakhirlah karir Thomas Doll di Dortmund.
Kepastian masa depan Doll didapat pada hari ini . Pagi tadi sang pelatih telah menghadap ke markas Dortmund untuk mendiskusikan hasil yang dicapai musim ini. Dalam pertemuan tersebut, Doll menawarkan wacana pengunduran dirinya sebagai bentuk tanggung jawab atas buruknya prestasi klub tersebut musim ini. Pihak direksi, yang diwakili Eksekutif Klub, Hans-Joachim Watzke dan Direktur Sport, Michael Zorc, pun menyetujui mundurnya Doll.
Sebelumnya Doll telah menerima banyak tekanan terkait buruknya prestasi Dortmund musim ini. Klub ini hanya menempati peringkat ke-13 Bundesliga, sebuah pencapaian terburuk Dortmund dalam 20 tahun terakhir. Asa sempat terbit kembali saat Dormund memastikan diri berlaga di final Piala Jerman. Sayangnya di partai puncak, Die Schwarzgelben harus mengakui keunggulan Bayern Muenchen.
Lolosnya Dortmund ke Piala UEFA musim depan sebenarnya dapat menjadi alasan bagi klub tersebut untuk mempertahankan Doll. Namun, para pendukung Dortmund sudah kadung frustasi dengan buruknya performa klub kesayangannya, terutama setelah libur musim dingin.
“Thomas Doll menyelamatkan kami di Bundesliga tahun lalu, dan mencapai final Piala Jerman, ia pun telah membawa klub ini berlaga di Piala UEFA musim depan, dan inlah yang tersisa dari pekerjaannya,” demikian tertulis dalam rilis resmi klub seperti dilansir oleh Goal.
Doll menggantikan Juergen Robber pada Maret 2007, dengan kontrak yang mengikatnya sampai Juni 2008. Ia mengawali perjalanannya dengan penuh kerja keras, lantaran saat itu Dortmund hanya unggul satu poin di atas tim penghuni zona degradasi. Selanjutnya, Doll mampu membawa Dortmund mengoleksi 16 poin dalam sembilan pertandingan untuk mengamankan posisi mereka di papan tengah, namun klub tersebut menjalani seluruh kompetisi dengan susah payah. Keadaan bertambah parah dengan gagalnya mereka merebut Piala Jerman.
Selain posisi di klasemen yang menjadi posisi terburuk sepanjang sejarah, barisan pertahanan Dortmund pun turut menjadi yang terburuk di antara klub-klub Bundesliga musim ini, yakni kebobolan 62 gol. Dampak paling terasa terlihat saat Stadion Signal Iduna Park yang biasanya selalu disesaki para pendukung, sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan fans.
Untuk mengisi kursi pelatih yang sekarang kosong, nama mantan pelatih Mainz, Juergen Klopp, berada dalam jajaran teratas. Meski Klopp gagal membawa Mainz promosi musim ini, namun diyakini ia merupakan salah satu pelatih muda paling berbakat saat ini di ranah Jerman.

sumber Doll Tinggalkan Dormund : LiputanBola.Com
DOLL TINGGALKAN DORMUND

Tidak ada komentar: