Rabu, 06 Agustus 2008

Zidane: Tabu Sebut Materazzi! Seputar Berita Dunia Sepak Bola

ZIDANE: TABU SEBUT MATERAZZI!


Masih ingat partai final Piala Dunia 2006 di Jerman setahun silam? Pada partai final antara Italia versus Prancis yang akhirnya dimenangkan Gli Azzuri itu diwarnai insiden kontroversial tandukkan kepala atau istilah akrabnya head-butt Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi.

Meski telah gantung sepatu dan berusaha untuk melupakan insiden kontroversial tersebut namun Zidane belum bisa lepas sepenuhnya. Mantan kapten Les Bleus ini masih sering diminta komentarnya soal kejadian yang sontak membuat dirinya diusir ke luar lapangan.

Kontroversial, karena sampai saat ini apa yang dikatakan palang pintu Italia itu masih belum pasti. Menurut sejumlah pemberitaan, Materazzi mengatakan soal kakak perempuan Zidane, namun ada pula yang memberitakan soal hinaan kepada ibunya. Yang pasti, sampai saat ini dari mulut Zidane sendiri belum keluar pernyataan apa yang membuat dirinya terprovokasi.

Terakhir, Zidane yang baru saja melawat ke Indonesia menyatakan tidak ingin mendengar nama Materazzi lagi. Pria keturunan Aljazair ini ingin menutup kenangan buruk yang tak bisa termaafkan itu rapat-rapat.

"Namanya tabu. Tidak usahlah disebutkan," tutur mantan Pemain Terbaik Dunia ini kepada Bild. "Apa yang telah saya perbuat tidak termaafkan. Sungguh mengecewakan dan wasit telah bertindak tepat akan apa yang telah digariskan."

Kesalahan yang diperbuatnya itu dianggap menjadi biang keladi kekalahan Prancis dari Italia. Dengan sepuluh pemain saja, Prancis tetap mampu mengurung pertahanan grendel Italia, apalagi jika Zidane bisa mengontrol emosinya waktu itu. Italia baru bisa memastikan diri keluar sebagai juara dunia keempat kalinya dengan ditentukan melalui adu tendangan penalti.

Akan tetapi, "Fakta bahwa masyarakat Prancis telah memaafkan apa yang telah saya perbuat membuat saya bangga. Mereka mungkin menengok seluruh perjalanan karir saya. Tidak semata-mata kesalahan tersebut," sambungnya. Sebagai seorang maestro, Zidane berhasil mengharumkan nama Prancis di lapangan hijau. Setelah menjuarai Piala Dunia 1998 di negerinya, dua tahun kemudian Zidane melengkapi trofi Les Bleus dengan menyabet gelar juara di Euro 2000 Belanda-Belgia.

Setelah gantung sepatu langsung selepas Piala Dunia 2006, Zidane kini menimbang untuk kembali ke sepakbola sebagai pelatih. "Itu merupakan salah satu pilihan suatu hari nanti," imbuhnya. "Sepakbola yang membuat saya seperti ini dan hal terbaik yang bisa saya lakukan."

Di lain pihak, Materazzi mengatakan, ia akan menuangkan kejadian sebenarnya di dalam buku otobiografinya yang akan dipasarkan pada 27 Agustus mendatang. "Kami tidak pernah berkesempatan untuk berbicara lagi, tapi saya melakukan apa yang telah saya lakukan," ujar bek Inter Milan ini. "Semuanya akan saya jelaskan di dalam bukuku."

sumber Zidane: Tabu Sebut Materazzi! : LiputanBola.Com
ZIDANE: TABU SEBUT MATERAZZI!

Tidak ada komentar: