Sabtu, 02 Agustus 2008

Daftar Pemenang Penghargaan FIFA Seputar Berita Dunia Sepak Bola

DAFTAR PEMENANG PENGHARGAAN FIFA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

DAFTAR PEMENANG PENGHARGAAN FIFA


Piala Dunia telah berakhir dengan Italia sebagai Juara. Aksi-aksi para bintang sepakbola di lapangan hijau masih hangat dalam ingatan. Zinedine Zidane melakukan tandukan ke dada Materrazi, gol indah Joe Cole, kehebatan Gianluigi Buffon menangkal tendangan penalti, atau gol spektakuler Maxi Rodriguez ke gawang Meksiko seakan baru terjadi kemarin. Portugal yang gagal di semifinal akan tercatat sebagai tim yang bermain sangat agresif dan keras; dibenci sekaligus dikagumi. Brasil yang bermain baik namun kalah dari Prancis akan dikenang karena skema baru bernama magic quadratic dan semangat sportivitasnya.

Toh, dari sekian banyak tim dan pemain yang menyedot perhatian pecinta sepakbola, FIFA memilih yang terbaik yang pantas dikenang seumur hidup. Berikut ini, daftar penghargaan FIFA terhadap tim dan pemain terbaik di Piala Dunia 2006.

FIFA Fair Play Award: Brasil dan Spanyol
Kedua tim ini diunggulkan sejak awal babak penyisihan grup karena bermain cemerlang dan meraih nilai sempurna. Sayangnya, Brasil dan Spanyol harus pulang sebelum sampai babak semifinal. Meski begitu, Brasil dan Spanyol telah menunjukkan permainan sportif dan fair sepanjang pergelaran Piala Dunia 2006. Penghargaan Fair Play diberikan untuk kedua tim itu berdasarkan sistem poin Komite FIFA untuk Etika dan Fair Play serta Grup Studi Teknis FIFA. Brasil dan Spanyol mendapatkan 886 poin dari 1.000 poin yang ada.

Adidas Golden Ball: Zinedine Zidane
Meski Zidane mengakhiri karirnya dengan buruk di Piala Dunia 2006 --mendapat kartu merah karena menanduk Materazzi-- para jurnalis yang meliput Piala Dunia 2006 tidak ragu untuk memilih Zidane sebagai pemain terbaik Piala Dunia di Jerman. Zidane merupakan aktor utama di balik keberhasilan Prancis melaju ke babak final. Padahal tim asuhan Raymond Domenech ini sempat diragukan akan melaju sejauh itu karena performa yang buruk di babak awal. Saingan Zidane adalah Fabio Cannavaro, kapten tim Italia, meraih tempat kedua, sementara Andrea Pirlo, playmaker Italia, meraih tempat ketiga.

Adidas Golden Shoe: Miroslav Klose
Klose merupakan top skorer Piala Dunia 2006 dengan 5 gol. Pencapaian jumlah gol ini yang terendah sejak Piala Dunia 1962 di Chili. Meski begitu, pencapaian tersebut membuktikan Klose merupakan penyerang terbaik dunia karena para penyerang lain justru mengoleksi gol yang jauh lebih sedikit. Hernan Crespo, Ronaldo, Thierry Henry, David Villa, Fernando Torres, Lukas Podolski, Zidane, dan Maxi Rodriguez masing-masing hanya punya 3 gol.

Gillette Best Young Player: Lukas Podolski
Podolski memenangi penghargaan ini dengan menyisihkan 40 kandidat lainnya, termasuk Cristiano Ronaldo dari Portugal, Lionel Messi dari Argentina, dan Wayne Rooney dari Inggris. Grup Studi Teknis FIFA memilih Podolski karena pemain ini selalu turun sejak menit awal dan berhasil menjadi motor serangan tim Jerman. Tidak seperti Ronaldo yang berperilaku kontroversial dan tidak disukai penonton, Podolski tampil sebagai pemain yang lebih matang.

Lev Yashin Award: Gianluigi Buffon
Tidak diragukan lagi, penghargaan kiper terbaik di Piala Dunia 2006 memang pantas jatuh tangan Buffon. Kiper Juventus tersebut hanya kebobolan 2 gol selama Piala Dunia: satu dari gol bunuh diri pemain Italia sendiri, kedua, gol penalti Zidane. Gawang Buffon tidak pernah dibobol melalui serangan yang dibangun pemain lawan.

Tim Paling Menghibur versi FIFAworldcup.com: Portugal
Dari 4 tim yang lolos ke babak semifinal, Portugal tim yang paling muda dan tidak pernah menjuarai Piala Dunia. Tim asuhan Luiz Felipe Scolari ini selalu bermain agresif. Tim yang terkuat sekalipun selalu kesulitan menghadapi Portugal. Tim ini berhasil menjadi kuda hitam yang sukses dengan menyingkirkan tim besar: Belanda dan Inggris.

sumber Daftar Pemenang Penghargaan FIFA : LiputanBola.Com
DAFTAR PEMENANG PENGHARGAAN FIFA

Tidak ada komentar: