Sabtu, 02 Agustus 2008

Buffon Kiper Terbaik Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BUFFON KIPER TERBAIK SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BUFFON KIPER TERBAIK


Italia boleh berbangga. Setelah tampil sebagai juara dunia 2006 berkat kemenangan 5-3 atas Prancis lewat adu penalti di Olympiastadion, Berlin, 9 Juli, Azzurri menerima kado tambahan dengan dinobatkannya kiper utama mereka, Gianluigi Buffon sebagai kiper terbaik di PD 2006 sekaligus meraih penghargaan Lev Yashin Award.

Keberhasilan Gigi, panggilan akrabnya, meneruskan sukses kiper terdahulu, seperti kiper legendaris Belgia, Michel Preud'Homme yang meraih penghargaan serupa di PD 1994 , Fabian Barthez di PD 1998, dan Oliver Kahn di PD 2002 yang berlangsung di Jepang-Korea.

Gemilangnya penampilan Buffon di bawah mistar gawang Italia ditunjukkan dengan hanya dua gol yang bersarang di gawangnya. Salah satu di antaranya merupakan "ciptaan" rekan setimnya, Cristian Zaccardo saat Italia bertanding di babak penyisihan Grup E melawan Amerika Serikat. Satu gol lainnya pun baru tercipta tadi malam alias babak final PD 2006, dimana Buffon harus mengakui kecerdikan sang maestro Les Bleus, Zinedine Zidane dari titik putih penalti.

Kegemilangan Buffon mendapat apresiasi tersendiri dari Roberto Beccantini, jurnalis harian Italia, La Stampa. Bahkan, Beccantini berani membandingkan Buffon dengan kiper legendaris Italia yang menjabat sebagai kapten tim Azzurri saat meraih gelar juara dunia di PD 1982, Dino Zoff. Dalam kacamata Beccantini, gaya Buffon lebih berkarakteristik Mediterania dibanding Zoff yang lebih bergaya Inggris.

Di PD 2006 yang berlangsung di Jerman ini, tercatat dua kali Buffon melakukan tindak penyelamatan gemilang. Pertama, saat Italia berhadapan dengan Republik Ceko. Saat itu, Buffon secara perkasa, dalam duel head-to-head, berhasil meredam ketajaman gelandang Republik Ceko yang juga rekan timnya di Juventus, Pavel Nedved.

Kedua, saat partai final tadi malam. Ketika babak pertama perpanjangan waktu memasuki menit ke-14, dengan gerak reflek yang luar biasa, Buffon mampu menepis sundulan mematikan Zidane. Itulah salah satu momen terpenting di balik keberhasilan Italia.


sumber Buffon Kiper Terbaik : LiputanBola.Com
BUFFON KIPER TERBAIK

Tidak ada komentar: