Sabtu, 02 Agustus 2008

Kejutan, Zidane Pemain Terbaik Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KEJUTAN, ZIDANE PEMAIN TERBAIK SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KEJUTAN, ZIDANE PEMAIN TERBAIK

Senin, 6 Juli lalu, FIFA melansir 10 pemain--dari tim-tim empat besar--yang menjadi kandidat peraih penghargaan Golden Ball Award , penghargaan paling bergengsi di ajang Piala Dunia.

Dari kesepuluh pemain tersebut, tujuh di antaranya berasal dari dua tim yang tampil di babak final PD 2002, Italia dengan empat pemainnya dan Prancis yang menyertakan tiga pemainnya, Patrick Vieira, Thierry Henry dan Zinedine Zidane.

Italia yakin salah satu dari empat pemainnya mampu menyabet penghargaan tersebut. Selain kemenangan di partai final melawan Prancis, kandidat terberat kapten Prancis Zinedine Zidane membuat ulah: bertindak kasar terhadap defender Italia, Marco Materazzi di babak kedua perpanjangan waktu. Publik sangat yakin, ulah Zidane di akhir partai internasionalnya itu akan membuat peluangnya menjadi Pemain Terbaik di PD 2006 ini mengecil.

Namun, para jurnalis yang berhak memberikan suaranya di turnamen ini, mempunyai persepsi yang berbeda. Meskipun Zidane dikeluarkan dari lapangan karena telah berbuat tindakan kasar, mereka tetap memberikan suaranya kepada playmaker yang tampil sangat dominan dalam membawa Prancis ke babak final PD 2006.

Jumlah suara yang dikumpulkan Zidane tercatat sebanyak 2012 poin, unggul tipis 35 suara dari saingan beratnya, kapten tim dan palang pintu Italia, Cannavaro yang memperoleh 1977 poin. Di tempat ketiga bercokol rekan Cannavaro, pengatur serangan Azzurri, Andrea Pirlo yang meraih 715 poin.

Keberhasilan Zidane yang meraih penghargaan Pemain Terbaik di saat timnya menelan kekalahan di babak pamungkas mengulangi sukses serupa yang ditoreh kiper Jerman di PD 2002, Oliver Kahn, dan "pahlawan" Italia di PD 1990, Salvatore Schillaci.

Sementara itu, dengan kegagalan striker utama Prancis, Thierry Henry mencetak gol dalam partai final tersebut membuat penyerang Jerman, Miroslav Klose yang telah mencetak lima gol, meraih gelar top skorer di PD 2006 dan berhak atas penghargaan Golden Shoe Award.

sumber Kejutan, Zidane Pemain Terbaik : LiputanBola.Com
KEJUTAN, ZIDANE PEMAIN TERBAIK

Tidak ada komentar: