Sabtu, 02 Agustus 2008

Oliver Kahn Undur Diri Seputar Berita Dunia Sepak Bola

OLIVER KAHN UNDUR DIRI SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

OLIVER KAHN UNDUR DIRI


Teka-teki soal kenapa Jens Lehmann memberikan posisi penjaga gawang yang selama Piala Dunia kali ini menjadi 'haknya' kepada seterunya Oliver Kahn, telah terkuak. Kahn dan Lehmann yang dikabarkan selalu berseteru terlihat mulai akur beberapa hari belakangan ini. Kahn bahkan sempat memuji penampilan gemilang Lehmann saat kiper Arsenal itu berhasil menahan dua tendangan penalti Argentina.

Rupanya, Lehmann ingin memberi penghormatan bagi Kahn dengan memberikan tempatnya di partai perebutan tempat ketiga melawan Portugal tadi malam . Lehmann mengetahui kalau Kahn sudah berniat untuk pensiun setelah Piala Dunia kali ini. Dan, karena pertandingan melawan Portugal itu adalah pertandingan terakhir, Lehmann merelakan tempatnya agar Kahn bisa memberikan kado perpisahan bagi publik Jerman.

Ternyata, kado terakhir Kahn itu sangat mengesankan. Ia berhasil menjaga gawangnya dari gempuran pemain-pemain Portugal yang bertubi-tubi. Beberapa tendangan gawang yang mengarah langsung ke gawangnya, berhasil ditepisnya, termasuk tendangan bebas Cristiano Ronaldo yang hampir saja mengecohnya. Satu-satunya gol yang bersarang di gawangnya, sama sekali bukan kesalahan Kahn, tetapi karena pemain belakang Jerman gagal mengantisipasi pergerakan Nuno Gomes.

Dan usai pertandingan, setelah masing-masing anggota Tim Panser menerima medali perunggu yang disaksikan oleh Kanselir Jerman Angela Merkel, Kahn langsung menjumpai wartawan dan menyatakan pengunduran dirinya. "Itu adalah pertandingan internasional terakhir bagi saya, dan saya tidak dapat berharap yang lebih baik dari itu untuk negara saya," kata Kahn. "Ini adalah waktu yang sangat indah, tetapi kini saatnya untuk mengakhiri."

Kahn, pemain kelahiran 15 Juni 1969 adalah kiper tangguh yang setia pada klubnya. Ia memulai karirnya tahun 1976, saat memperkuat tim yunior Karlsurher SC di kota kelahirannya. Ia baru bergabung dengan tim seniornya tahun 1987 dan mengabdi selama tujuh tahun. Satu-satunya kepindahan Kahn dilakukan tahun 1994 saat Kahn direkrut oleh tim besar Bayern Munchen. Di Munchen, posisi Kahn sebagai kiper utama tak pernah tergantikan. Hanya belakangan, posisi Kahn memang mulai terancam oleh kedatangan kiper muda Michael Rensing yang baru berusia 22 tahun.

Di Timnas Jerman, pemain yang dijuluki Si Gorila itu memulai debutnya tahun 1995 saat timnya melawan Swiss menjelang pelaksanaan Euro 1996 di Inggris. Sejak itu, posisi Kahn tak pernah tergantikan oleh siapapun. Penampilannya di Piala Dunia 2002 juga dinilai mengesankan sehingga ia terpilih sebagai pemain terbaik, meski saat itu gawangnya kebobolan dua kali oleh Ronaldo dkk.

Hanya,  penampilan Kahn yang menurun belakangan ini menyebabkan Jurgen Klinsmann akhirnya memutuskan memilih Jens Lehmann sebagai kiper utama Tim Panser, apalagi Lehmann sedang 'bersinar' setelah berhasil mengantarkan Arsenal ke final Piala Champions. Kahn sempat 'uring-uringan' dengan keputusan Klinsmann itu, tetapi tak bisa berbuat banyak kecuali menjadi penonton yang baik di pinggir lapangan, hingga kesempatan itu akhirnya tiba juga. Dan ia menutup 86 kali penampilannya di timnas dengan gemilang.

sumber Oliver Kahn Undur Diri : LiputanBola.Com
OLIVER KAHN UNDUR DIRI

Tidak ada komentar: