Sabtu, 02 Agustus 2008

Brasil dan Spanyol Raih Fair Play Award Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BRASIL DAN SPANYOL RAIH FAIR PLAY AWARD SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BRASIL DAN SPANYOL RAIH FAIR PLAY AWARD


Penghargaan Fair Play Award diberikan kepada tim yang mempunyai nilai atau rekor tertinggi dari fair play, sikap sportivitas dan kelakuan yang baik di dalam maupun di luar lapangan, berdasarkan sistem dan kriteria yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Komite Kode Etik dan Fair Play FIFA.

Setelah melakukan evaluasi, akhirnya Grup Studi Teknis FIFA yang bertanggung jawab dalam menentukan tim terbaik untuk meraih penghargaan Fair Play Award, memutuskan dua tim, Brasil dan Spanyol secara bersama-sama menjadi pemenang penghargaan tersebut. Kedua tim mendapat nilai 866 poin dari maksimal 1.000 poin. Keputusan pemenang bersama ini mengulang kejadian di PD 1998 lalu, dimana waktu itu FIFA pun menetapkan Inggris dan Prancis sebagai pemenang bersama Fair Play Award.

Penilaian tersebut didasarkan kepada penampilan tim dalam setiap pertandingan. Tapi, hanya tim-tim yang melaju ke babak 16 besar saja yang penampilannya dipertimbangkan untuk meraih penghargaan tersebut. Selain menerima trofi FIFA Fair Play Award, setiap pemain dan ofisial dari masing-masing tim menerima medali, sertifikat, dan satu voucher bernilai 50 ribu dolar AS yang akan digunakan untuk pengembangan sepakbola usia remaja.

Penilaian itu sendiri didasarkan enam kriteria, yang lebih menekankan aspek positif dari setiap penampilan tim. Salah satu kriteria, jumlah kartu kuning atau merah yang diterima satu tim, merupakan satu-satunya cara untuk mengurangi jumlah poin yang diterima oleh setiap tim. Kriteria lainnya adalah: bermain positif, dimana poin diberikan kepada tim yang mampu tampil atraktif dan mengedepankan gaya bermain yang ofensif; sikap respek terhadap tim lawan; sikap respek terhadap para ofisial, tingkah laku ofisial dan staf tim, dan terakhir, tingkah laku dan tindakan para suporter tim.

Keberhasilan meraih penghargaan tersebut merupakan yang ketiga kalinya bagi Brasil. Pertama Selecao meraihnya di pentas PD 1986 di Meksiko. Kedua, saat Piala Dunia pertama kalinya digelar di Amerika Serikat, 1994. Saat itu Brasil mampu meraih dua trofi sekaligus, trofi FIFA World Cup alias juara dunia dan trofi FIFA Fair Play Award.

Sementara bagi Spanyol, penghargaan ini merupakan yang pertama kalinya. Pantaslah pasukan Luis Aragones dianugerahi penghargaan ini. Sebab, selama pertandingan di PD 2006, La Furia Roja, mampu menampilkan permainan ofensif tanpa meninggalkan sikap sportivitas di lapangan. La Seleccion hanya menerima enam kartu kuning dari empat partai yang dilakoninya di Jerman. Yang unik, tepatnya menjadi tanda tanya, tiga dari enam kartu kuning yang diterima Xavi Hernandez dkk terjadi saat Spanyol bertanding melawan tim yang relatif terlemah di Grup H, Arab Saudi. Saat itu, David Albelda, Jose Antonio Reyes, dan Carlos Marchena mendapat kartu dari wasit Coffi Codjia dari Benin.

Berikut tim pemenang Fair Play Award di lima PD sebelumnya:
PD 2002 : Belgia
PD 1998 : Inggris dan Prancis
PD 1994 : Brasil
PD 1990 : Inggris
PD 1986 : Brasil


sumber Brasil dan Spanyol Raih Fair Play Award : LiputanBola.Com
BRASIL DAN SPANYOL RAIH FAIR PLAY AWARD

Tidak ada komentar: