Senin, 04 Agustus 2008

Barcelona Ulangi Kegagalan Liverpool Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BARCELONA ULANGI KEGAGALAN LIVERPOOL SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BARCELONA ULANGI KEGAGALAN LIVERPOOL


Inilah olahraga yang bernama sepakbola. Tidak selamanya tim yang sangat difavoritkan dan mampu menguasai jalannya permainan serta begitu banyak menghasilkan peluang mampu memenangkan pertandingan.

Tengoklah kisah pahit yang menimpa Liverpool di Kejuaraan Dunia Antar Klub 2005 lalu. Ketika itu Steven Gerarrd dkk begitu mendominasi jalannya pertandingan. Namun, sampai detik akhir pertandingan, The Reds tetap tak mampu mengejar ketertinggalan satu gol yang dicetak Mineiro di menit ke-27 babak pertama. Alhasil, Sao Paulo keluar sebagai juara dunia.

Kini, cerita kegagalan Liverpool kembali terulang. Korbannya, Barcelona, jawara Liga Champions musim 2005-06 lalu. Pasukan Frank Rijkaard datang ke Jepang dengan status sangat difavoritkan untuk membuat sejarah. Apalagi melihat performa Ronaldinho dkk yang begitu ciamik saat melibas Club America di babak semifinal, tak seorang pun yang ragu jika Barca mampu membalikkan sejarah pasukan Johan Cruyff di 1992 lalu yang kalah 1-2 dari Sao Paulo.

Di depan 67 ribu lebih penonton yang hadir di Stadion Internasional Yokohama, Barcelona tampil agresif sejak kick-off babak pertama. Tampil dengan materi tim terbaik, Ronaldinho dkk terus menerus berupaya keras menembus pertahanan Internacional yang sangat kentara menerapkan strategi bertahan dengan harapan mencuri gol lewat counter-attack. Tercatat lebih dari lima peluang yang diraih Barca di babak pertama lewat tendangan Giovanni van Bronckhorst, Eidur Gudjohsen, dan Ronaldinho. Hanya satu tendangan yang dilakukan Internacional lewat defender veteran Marcos Indio di menit ke-38.

Di babak kedua, Internacional yang tampak lebih percaya diri mampu untuk mengimbangi permainan Barca. Meskipun demikian masuknya Xavi Hernandez di menit ke-60 mulai menambah daya dobrak tim Catalan tersebut. Namun, tak satu pun yang mampu menjebol gawang Clemer da Silva. Acungan jempol pantas disematkan kepada bek kanan Marcos Ceara yang mampu mematikan pergerakan Ronaldinho.

Dalam satu serangan balik memanfaatkan kepanikan Carles Puyol dkk, di menit ke-82 pemain pengganti Vieira Adriano mampu mengheningkan seisi stadion setelah tendangannya tak mampu diblok Victor Valdes. Gol dari kaki Adriano itu juga disebabkan andil Juliano Belletti yang gagal menyapu bola hasil umpan Pedro Iarley.

Dalam waktu tersisa Barca berupaya menyamakan kedudukan. Dua peluang emas gagal menghasilkan gol. Pertama, tendangan keras Deco yang masih bisa ditip Clemer, dan kedua, tendangan bebas Ronaldinho yang tipis di sebelah kanan gawang Internacional. Sampai wasit Carlos Batres dari Guatemala membunyikan peluit akhir, pasukan Abel Braga mampu mempertahankan keunggulan 1-0 tersebut. Internacional berhak dengan trofi FIFA.

sumber Barcelona Ulangi Kegagalan Liverpool : LiputanBola.Com
BARCELONA ULANGI KEGAGALAN LIVERPOOL

Tidak ada komentar: