Senin, 04 Agustus 2008

Keuntungan PD 2006 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KEUNTUNGAN PD 2006 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KEUNTUNGAN PD 2006


Rabu, 29 November ini panitia Piala Dunia 2006 Jerman mengumumkan keuntungan bersih yang dihasilkan dari penyelenggaraan yang berlangsung bulan Juni sampai Juli lalu. Keuntungan yang dihasilkan mencapai 56,5 juta euro atau 75 juta US dollar .

Keuntungan ini masih kalah besar dibanding keuntungan yang diraih pada penyelenggaraan PD sebelumnya. Pada Piala Dunia 2002 di Jepang dan Korsel keuntungan yang diraih panitia pada saat itu diperkirakan mencapai angka 198 juta euro.

Konferensi pers yang diselenggarakan oleh Asosiasi Sepakbola Jerman ini juga menyebutkan panitia PD 2006 secara total merengguk keuntungan sebesar 140 juta euro . Sebanyak 40 juta euro langsung dikirim ke Badan Sepakbola Dunia dan pajak yang mesti dibayar adalah sebesar 44 juta euro.

Presiden DFB, Theo Zwanziger mengumumkan dari Frankfurt, keuntungan sebesar lebih dari 680,8 miliar rupiah itu akan dibagikan kepada DFB dan pihak penyelenggara Bundesliga dan pihak DFL selayaknya menggunakan hasil keuntungan tersebut untuk kepentingan proyek sosial, yaitu untuk memberikan perlengkapan olahraga kepada publik.

Seperti diberitakan Reuters, keputusan ini dikeluarkan Zwanziger dengan mengatakan: "Kami tahu beresiko besar setelah memegang dana keuntungan ini. Sebaiknya keuntungan ini digunakan untuk proyek-proyek yang bersifat pelayanan publik dan jangan digunakan untuk menjalankan roda bisnis. Kami bukan perusahaan yang menargetkan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya. Kami akan membicarakan hal ini dengan DFL."

Dari pihak sponsor utama saja, sebanyak 15 perusahaan, diperkirakan PD 2006 telah mengantungi 40 juta euro dari masing-masing. Ini berarti secara total dari sponsorship saja mereka meraih modal sekitar 700 juta euro. Belum dari pembayaran hak siar televisi dan sebagainya.

sumber Keuntungan PD 2006 : LiputanBola.Com
KEUNTUNGAN PD 2006

Tidak ada komentar: