Senin, 04 Agustus 2008

PD 2014, Brasil Ajukan Tawaran Resmi Seputar Berita Dunia Sepak Bola

PD 2014, BRASIL AJUKAN TAWARAN RESMI SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

PD 2014, BRASIL AJUKAN TAWARAN RESMI


Badan Sepakbola Dunia telah mengisyaratkan selepas Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, salah satu negara di Amerika Latin akan mendapat kesempatan sebagai penyelenggara Piala Dunia 2014. Ini berkenaan dengan sistem rotasi yang ingin diberlakukan oleh FIFA. 'Kesempatan tidak datang dua kali'.

Ungkapan itu langsung mengena kepada negara yang mayoritas penduduknya menganggap penting soal sepakbola, Brasil. Bahkan saling digandrunginya permainan antar sebelas orang ini sudah dianggap sejajar dengan agama. Untuk itu dalam waktu dekat, Rabu, 13 Desember Brasil akan mendeklarasikan diri sebagai kandidat PD 2014.

Brasil nampaknya ingin mengembalikan ajang tersebut ke negaranya. Pada tahun1950 negara dengan gelar juara PD terbanyak – lima kali – tersebut telah berpengalaman menyelenggarakan even sepakbola terakbar di kolong jagat itu. Konfederasi Sepakbola Brasil akan memanfaatkan even Kejuaraan Dunia antar Klub 2006 yang sedang diselenggarakan di Jepang untuk melakukan lobinya.

Situs resmi CBF menyatakan: "Presiden CBF, Ricardo Teixeira akan mengajukan proposal resmi kepada FIFA menjadi kandidat tuan rumah Piala Dunia kembali setelah 64 tahun berselang." Saat ini Teixeira dan sejumlah pengurus teras FIFA memang sedang berada di Jepang sebagai tamu Kejuaraan Dunia antar Klub. FIFA sendiri akan mengumumkan tuan rumah PD 2014 pada November tahun depan.

FIFA sebelumnya telah menyiratkan bahwa Brasil memang menjadi calon kuat tuan rumah PD 2014. Hal ini dikarenakan sembilan negara lainnya di kawasan Amerika Latin menyatakan dukungannya terhadap "negeri Samba" tanpa satu pun yang ikut mengajukan diri sebagai kandidat pesaing. Namun ada syarat teknis yang mesti dipenuhi setelah kesuksesan yang diraih pada penyelenggaraan PD 2002 di Jepang dan Korea Selatan serta berlanjut PD 2006 di Jerman.

Sementara itu pada Piala Dunia 1950, Brasil gagal memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah. Secara dramatis mereka dikalahkan oleh Uruguay di partai final dengan skor 2-1.

sumber PD 2014, Brasil Ajukan Tawaran Resmi : LiputanBola.Com
PD 2014, BRASIL AJUKAN TAWARAN RESMI

Tidak ada komentar: