Senin, 04 Agustus 2008

PD 2006 Paling Ramah Lingkungan Seputar Berita Dunia Sepak Bola

PD 2006 PALING RAMAH LINGKUNGAN SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

PD 2006 PALING RAMAH LINGKUNGAN


Badan Perserikatan Bangsa Bangsa menyatakan kejuaraan Piala Dunia 2006 di Jerman lalu merupakan kejuaraan sepakbola paling ramah lingkungan sepanjang sejarah penyelenggaraan kejuaraan sepakbola internasional. Namun ini masih jauh dari penyelenggaraan Olimpiade yang lebih peka terhadap isu lingkungan hidup.

Badan PBB urusan program lingkungan hidup dunia dan panitia PD 2006 Jerman, Sabtu dinihari ini, mengatakan pengukuran yang telah dilakukan sepanjang kejuaraan terhadap efek rumah kaca menurun jika dibanding penyelenggaraan sebelumnya.

"Tidak seperti penyelenggaraan Olimpiade, isu lingkungan hidup dikesampingkan pada penyelenggaraan Piala Dunia, tapi sekarang sudut pandang tersebut telah berubah dan kami berharap itu akan terus dipertahankan," kata Achim Steiner, direktur eksekutif UNEP, seperti dilansir AFP.

Steiner mengingatkan: "Penyelenggara Piala Dunia selanjutnya mesti mengikuti langkah Jerman untuk mengedepankan diri sebagai striker terdepan yang memainkan program dan kebijakan strategis bagi masalah lingkungan hidup. Jangan sampai mereka membuat kesalahan own-goal dan off-sides dari opini internasional maupun domestik tentang lingkungan hidup."

Proyek 'Green Goal' yang dijalankan sepanjang PD 2006 telah memangkas 17.000 ton emisi karbon dioksida dari jasa transportasi, emisi elektronik sebesar 2.490 ton menjadi 2.000 ton. Tolak ukur lainnya yang dipakai termasuk didalamnya memanfaatkan taampungan air hujan yang digunakan untuk menyirami lapangan pertandingan, meminimalisir penggunaan bahan yang tidak dapat didaur ulang sebagai wadah makanan dan minuman serta beberapa stadion juga memiliki pengolahan urin. Selain itu Jerman juga mampu memaksimalkan penggunaan jasa transportasi publik dari dan ke stadion sepanjang kejuaraan.

UNEP kemudian memberikan tantangan selanjutnya kepada Afrika Selatan yang akan menjadi penyelenggara Piala Dunia 2010 dan berharap kerjasama dengan FIFA nantinya akan mampu menyaingi isu lingkungan hidup yang sudah dikedepankan pada penyelenggaraan Olimpiade. Penyelengaraan sepakbola internasional bahkan tertinggal dari cabang olahraga otomotif. UNEP telah menandatangani kerjasama dengan Federasi Motor Internasional guna "menghijaukan" kejuaraan balap motor.

Selain itu UNEP juga "menyentil" UEFA yang akan menggelar hajatan Euro 2008 di Austria dan Swiss agar malakukan aksi ramah lingkungan. Juru bicara UNEP, Nick Nuttall menyatakan: "Kami dengan sungguh-sungguh berharap UEFA melihat dampak positif dari proyek Green Goal tersebut."

sumber PD 2006 Paling Ramah Lingkungan : LiputanBola.Com
PD 2006 PALING RAMAH LINGKUNGAN

Tidak ada komentar: