Senin, 04 Agustus 2008

FIFA Investigasi Kasus Warner Seputar Berita Dunia Sepak Bola

FIFA INVESTIGASI KASUS WARNER SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FIFA INVESTIGASI KASUS WARNER


Austin Jack Warner, Wakil Presiden FIFA yang juga Presiden Concacaf akan menghadapi Komite Disiplin FIFA terkait adanya tuduhan terhadap dirinya yang dituding telah menjual secara ilegal ribuan tiket dengan harga yang menjulang tinggi selama PD 2006 di Jerman, Juni-Juli 2006 lalu. Diduga keras dari penjualan ilegal tersebut Warner mengeruk keuntungan hampir 1 juta dolar AS atau lebih dari Rp 9,1 miliar.

Konfirmasi terkait kasus Warner itu diungkapkan sendiri oleh Presiden FIFA, Sepp Blatter dalam konferensi persnya, Jum'at, 15 September 2006.

Menurut Blatter, seperti yang dikutip Reuters, Warner "dengan mentah-mentah menolak keras tudingan tersebut". Namun, Blatter menolak untuk menyebutkan kepastian kapan dilakukannya investigasi tersebut.

Warner, seorang pengusaha real estate yang berusia 63 tahun dan telah menjabat sebagai anggota Komite Eksekutif FIFA sejak 1983 itu dituding terlibat dalam penjualan tiket PD 2006 secara ilegal. Berdasarkan berita yang dilansir media massa Inggris, Warner pun terlibat dalam penjulan 900 tiket bagi para pendukung Inggris.

Harian The Daily Mail melaporkan, sesuai dengan laporan rahasia yang diserahkan auditor Ernst Young kepada FIFA, ditengarai dari penjualan tiket ilegal tersebut, minimal Warner mengeruk keuntungan 933 ribu dolar AS atau lebih dari Rp 850 juta.

Warner sendiri menolak keras tudingan tersebut. Bahkan, dalam pernyataan resminya, Presiden Concafaf sejak 1990 itu telah menginstruksikan kepada pengacaranya untuk menuntut balik atau menggugat terhadap kabar yang dianggap Warner sebagai fitnah yang dibuat oleh "segelintir oknum FIFA dan Ernst Young".

"Saya sangat terkejut melihat kabar tersebut yang muncul di media massa. Bahkan, saya lebih terkejut manakala saya membaca fakta dan kesimpulan yang benar-benar keliru," ujar Warner. "Laporan itu benar-benar tidak komplet, bias dan salah," tegasnya.

Baltter mengakui sebulan sebelumnya FIFA telah diberi informasi tentang penjualan tiket ilegal tersebut oleh auditor Ernst Young. Karena itu, FIFA memutuskan untuk menindaklanjuti laporan tersebut.

sumber FIFA Investigasi Kasus Warner : LiputanBola.Com
FIFA INVESTIGASI KASUS WARNER

Tidak ada komentar: