Senin, 21 Juli 2008

Madrid, Ronaldo dan Rp 8,76 Triliun? Seputar Berita Dunia Sepak Bola

MADRID, RONALDO DAN RP 8,76 TRILIUN? SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

MADRID, RONALDO DAN RP 8,76 TRILIUN?

Real Madrid sangat berharap bisa merekrut seorang Cristiano Ronaldo. Kabar tersebut sangat menyita perhatian publik dan membayangi kiprahnya yang saat ini berusaha membawa Portugal merebut gelar terbaik di Eropa dalam penyelenggaraan Euro 2008 sebulan ke depan.
Mengapa Madrid begitu menginginkan winger Manchester United tersebut? Pernyataan tersebut sejatinya punya jawaban yang mudah. Tidak ada yang menyangsikan bakat dan talenta seorang Ronaldo. Musim lalu terlihat jelas betapa ia berkontribusi besar mengantar MU menuju gelar Liga Premier Inggris dan Liga Champions.
Tidak salah pula jika pemain berusia 23 tahun itu difavoritkan merengkuh gelar pemain terbaik Eropa dan bahkan terbaik di dunia. Tapi, selain faktor teknis Ronaldo juga menyimpan potensi untuk dijadikan lahan untuk menyumbang keuntungan uang yang berlimpah. Dan Madrid yakin Ronaldo akan menjadi penerus David Beckham bagi mereka. Nilai keuntungan yang diincar dari kepemilikan Ronaldo ditaksir nyaris mencapai setengah miliar pound. Angka yang wah bukan?
Sepertinya itulah faktor utama mengapa raksasa Spanyol siap menggelontorkan 75 juta pound . Deal sebesar itu akan merontokkan rekor transfer sebelumnya yang dibukukan atas nama Zinedine Zidane. Bergabungnya Ronaldo akan memberi dampak luar biasa besar bagi nilai sponsorship, penjualan merchandise dan kontrak hak siar televisi. Sedangkan bagi Presiden Madrid, Ramon Calderon, pembelian Ronaldo akan mendongkrak popularitasnya.
Seorang sumber di Santiago Bernabeu kepada The Sun mengatakan: “Banyak alasan mengapa Madrid menginginkan Cristiano Ronaldo. Salah satu yang utama tentunya ia pemain terbaik dunia saat ini. Tapi, ia juga aset besar dan bernilai 600 juta euro atau 480 juta pound dalam periode 10 tahun. Beckham membantu Madrid melampaui MU sebagai klub terkaya. Kini, Madrid mengincar hal serupa dari Ronaldo.”
Meski mampu mengantar Madrid dua kali berturut-turut merengkuh gelar juara La Liga Spanyol namun tetap saja nama Calderon tidak kunjung populer. Pasalnya Madrid sudah lama tidak mampu berdiri di tangga juara Eropa. Mereka juga kehilangan pemain tenar macam Zidane, Luis Figo, Roberto Carlos, Ronaldo dan Beckham.
Tanpa seorang ikon yang begitu populer mesin marketing tidak berjalan, dan itu diketahui dengan mantap oleh departemen pemasaran di Bernabeu. Alhasil, Madrid rela menawarkan kontrak 300 ribu pound per pekan setelah dipotong pajak. Seperti Beckham, Ronaldo berhak atas 50 persen dari kontrak komersial. Bahkan Madrid memperkenankan Ronaldo mengantongi 100 persen dari kontrak sponsor luar negeri.

sumber Madrid, Ronaldo dan Rp 8,76 Triliun? : LiputanBola.Com
MADRID, RONALDO DAN RP 8,76 TRILIUN?

Tidak ada komentar: