Senin, 21 Juli 2008

Jatah Porto ke Liga Champions Dikembalikan Seputar Berita Dunia Sepak Bola

JATAH PORTO KE LIGA CHAMPIONS DIKEMBALIKAN SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

JATAH PORTO KE LIGA CHAMPIONS DIKEMBALIKAN

Jawara Liga Portugal, FC Porto bisa tersenyum lebar. Pasalnya, Asosiasi Sepakbola Eropa akan mengembalikan hak Porto untuk tampil di Liga Champions musim depan. UEFA membatalkan putusan mencoret Porto akibat Dragoes--julukan Porto--tersangkut kasus penyuapan.
Pekan lalu, otoritas tertinggi sepakbola Eropa mengganjar Porto dengan mencabut haknya tampil di Liga Champions karena diduga telah menyuap wasit di musim kompetisi 2003-04 }. Namun Porto tidak terima begitu saja keputusan tersebut dan Jumat, 13 Juni, UEFA membatalkannya setelah menemukan bukti baru.
Dalam pertemuan tersebut Porto yang mengajukan banding menyertakan perwakilan Federasi Sepakbola Portugal , SL Benfica dan Victoria SC, di samping perwakilan dari UEFA itu sendiri. Badan Banding UEFA meluluskan permohonan dan bukti baru untuk kemudian dikaji ulang oleh Badan Kontrol dan Disiplin UEFA.
Untuk selanjutnya, “Badan Kontrol dan Disiplin UEFA akan bertemu pekan depan guna mengambil keputusan soal tiket Porto ke Liga Champions 2008-09.” Demikian pernyataan yang disampaikan situs resmi UEFA . Hukuman masih mungkin menimpa Porto, tapi yang pasti bukan dalam bentuk larangan tampil di Liga Champions.
Penangguhan keputusan awal tidak terlepas dari lobi hebat Porto dalam meyakinkan Vitoria Guimaraes dan Benfica untuk ikut serta memberi keterangan. Vitoria dan Benfica yang berada di tempat ketiga dan keempat dalam klasemen akhir sejatinya diuntungkan atas dicoretnya Porto. “Juri memahami betul Vitoria dan Benfica seharusnya dimintai keterangan karena menjadi pihak yang diuntungkan atas keputusan pertama—pencoretan Porto,” tera pernyataan resmi Porto.
Sanksi awal tidak hanya menyebabkan tercoretnya jatah jawara tahun 2004 itu dari Liga Champions. Komisi disiplin dari badan liga profesional Portugal juga mengganjar Porto dengan pemotongan enam poin dan denda sebesar 150 ribu euro setelah terbukti melakukan tindak penyuapan terhadap wasit untuk dua pertandingan di musim2003-04.

sumber Jatah Porto ke Liga Champions Dikembalikan : LiputanBola.Com
JATAH PORTO KE LIGA CHAMPIONS DIKEMBALIKAN

Tidak ada komentar: