Kamis, 24 Juli 2008

Blatter Sisipkan Rencana Cadangan PD 2010 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BLATTER SISIPKAN RENCANA CADANGAN PD 2010 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BLATTER SISIPKAN RENCANA CADANGAN PD 2010

Seputar persiapan penyelenggaraan Piala Dunia 2010 kembali menimbulkan keraguan. Presiden Badan Sepakbola Dunia , Sepp Blatter, untuk pertama kalinya mengakui terdapat rencana cadangan alias “Plan B” jika Afrika Selatan menghadapi kendala dalam menyelenggarakan turnamen sepakbola terakbar sejagat itu.
Blatter sejatinya tetap menggantungkan optimismenya terkait kesuksesan penyelenggaraan sesuai rencana. “Sampai saat ini hanya gempa bumi besar yang bisa menggagalkan PD dipindahkan dari Afsel,” kata Blatter kepada stasiun televisi Austria, Orf. Namun, “Saya teramat lalai sebagai Presiden FIFA jika tidak menyiapkan rencana lain.”
Blatter merupakan sosok yang dikenal revolusioner. Keberhasilan penyelenggaraan PD 2002 di Asia untuk pertama kalinya diharapkan bisa terulang di Afsel yang juga merupakan proyek pertama di Benua Afrika. Sayangnya persiapan tersebut terganggu oleh terlambatnya pembangunan stadion dan infrastruktur lain. Pun demikian dengan masalah keamanan dan kondisi geo-politik yang tudak sehat di sekitar bekas negara pengusung politik Apartheid.
Jika memang mendesak rencana cadangan itu baru akan ditinjau serius setelah penyelenggaraan Piala Konfederasi di Afsel pada 2009. Turnamen yang mempertemukan jawara dari masing-masing benua itu akan menggambarkan kesiapan Afsel baik dari sisi infrastruktur maupun sumber daya manusianya. “Jika diperlukan Plan B bisa diaktifkan setelah Piala Konfederasi 2009,” imbuhnya.
Juara bertahan PD, Italia, merupakan satu peserta pada turnamen tersebut. Spanyol yang baru saja meraih kemenangan atas Jerman di final Euro 2008 juga akan berangkat ke Afsel yang juga ikut sebagai tuan rumah serta Mesir sebagai juara Piala Afrika dan Irak sebagai juara Piala Asia. Dalam turnamen itu juga akan diujicobakan satu wasit tambahan di setiap kotak penalti.
Di belahan Eropa, UEFA sebagai pemegang kebijakan di benuya tersebut, lebih tegas dalam menentukan sikap. Presiden UEFA, Michel Platini menegaskan tidak ada rencana cadangan dalam penyelenggaraan Euro 2012. Jika Ukraina dan Polandia sebagai tuan rumah bersama tidak mampu mencapai target pembangunan stadion baru sampai September nanti maka keduanya akan dicoret langsung. Spekulasi yang beredar Italia, Spanyol dan Jerman merupakan negara yang menyiapkan diri di daftar tunggu.

sumber Blatter Sisipkan Rencana Cadangan PD 2010 : LiputanBola.Com
BLATTER SISIPKAN RENCANA CADANGAN PD 2010

Tidak ada komentar: