Kamis, 31 Juli 2008

Blatter Ragukan Afsel? Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BLATTER RAGUKAN AFSEL? SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BLATTER RAGUKAN AFSEL?

Sejak tahun 1997, FIFA mengambil alih event King Fahd Cup atau Intercontinental Championship. Sejak saat itu, event yang mempertemukan juara dari masing-masing benua berubah nama menjadi Piala Konfederasi dan sejak 2005 event digelar per empat tahun, setahun sebelum diselenggarakannya Piala Dunia dan menjadi tolok ukur persiapan tuan rumah.
Untuk tahun 2009, Piala Konfederasi bertempat di Afrika Selatan. Selasa kemarin lusa, panitia PD 2010 mengungkapkan sebuah ganjalan. Mereka mengumumkan Port Elizabeth Stadium yang merupakan salah satu stadion yang dipersiapkan untuk putaran final belum siap digunakan sesuai pada waktunya.
Alhasil, Port Elizabeth Stadium dicabut sebagai salah satu venue di Piala Konfederasi. “Setelah menelaah segala informasi, Port Elizabeth tidak lagi disertakan sebagai salah satu stadion tempat diselenggarakannya pertandingan Piala Konfederasi,” kata Irvin Khoza, ketua komite panitia loka, kepada Reuters.
Meski menemui ketidaksiapan untuk meneyelenggarakan Piala Konfederasi, namun Khoza optimis Port Elizabeth akan siap digunakan untuk PD 2010. Stadion yang kemudian dinamai Nelson Mandela Bay Stadium merupakan satu dari lima tempat yang dipersiapkan untuk turnamen tahun depan, dan merupakan satu di antara 10 stadion untuk putaran final dua tahun ke depan.
Piala Konfederasi diadakan selama dua pekan dan rencananya dimulai pada 14 Juni 2009. Enam juara dari masing-masing benua akan bertanding, ditambah tuan rumah Afsel dan juara bertahan PD, Italia. Empat jawara kejuaraan regional yakni Amerika Serikat, Brasil, Irak, Mesir dan Spanyol.
Ironis, keputusan pencoretan salah satu stadion keluar setelah bulan lalu Presiden FIFA, Sepp Blatter menyatakan terdapat keraguan dengan kesiapan Afsel serta mengungkapkan adanya rencana cadangan }. Sontak saja tertundanya pembangunan satu stadion itu semakin memperuncing kekhawatiran.
Pada Selasa lalu, Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke mengunjungi Afsel untuk meninjau kesiapan Piala Konfederasi. Dalam kunjungan itu Valcke tidak mengungkapkan kekhawatiran akan adanya pengalihan tuan rumah PD 2010. Ia menjelaskan apa yang ditakutkan Blatter hanya jika terjadi kejadian gawat luar biasa, seperti mewabahnya SARS di China enam tahun lalu atau terjadi bencana alam hebat.
“Apa yang diungkapkan Blatter hanya jika terjadi sesuatu seperti tahun 2002 di China. Kami ketika itu memindahkan turnamen Piala Dunia wanita dari China ke Amerika Serikat karena keselamatan pemain dipertanyakan,” kata Valcke yang menambahkan Afsel sudah memenuhi apa yang ditergetkan.

sumber Blatter Ragukan Afsel? : LiputanBola.Com
BLATTER RAGUKAN AFSEL?

Tidak ada komentar: