Selasa, 19 Agustus 2008

UEFA Tunjuk Fandel, Ferguson Mangkel Seputar Berita Dunia Sepak Bola

UEFA TUNJUK FANDEL, FERGUSON MANGKEL SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

UEFA TUNJUK FANDEL, FERGUSON MANGKEL

Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson, mendapat problem yang tak ringan saat Rio Ferdinand dkk menjamu Barcelona dalam leg kedua babak semifinal Liga Champions di Old Trafford, Selasa, 29 April, besok malam.
Masalah yang kali ini hinggap di kepala Ferguson bukanlah soal pemain yang dilanda cedera, melainkan sosok pengadil di tengah lapangan alias wasit. UEFA menugaskan wasit asal Jerman, Herbert Fandel. Wasit berusia 44 tahun yang piawai memainkan piano ini punya statistik membuat sejumlah keputusan yang dianggap Ferguson merugikan MU. Pendek kata, Fandel kerap jadi ‘musuh’ Ferguson.
Seperti yang dilansir The Guardian, keputusan UEFA menugaskan Fandel setidaknya membuat Ferguson geram. Sesepuh manajer Liga Premier ini tentunya pasti mengingat ‘ulah’ Fandel yang mengeluarkan kartu merah langsung kepada kapten The Red Devils Roy Keane tiga menit sebelum waktu normal berakhir di leg pertama babak 16 besar Liga Champions melawan FC Porto di Estadio do Dragao, Porto, 25 Februari 2004. Ketika itu MU takluk 1-2 di tangan skuad Jose Mourinho.
Ketika peluit akhir berbunyi, Ferguson menolak menjabat tangan Mourinho. Pasalnya, Ferguson marah betul dengan tindakan sejumlah pemain Porto di lapangan yang kerap melakukan diving. Dalam benak Ferguson, Fandel punya ‘kontribusi’ atas kekalahan timnya dengan mengabaikan sikap diving para pemain Dragons.
Musim lalu, Fandel kembali bertugas di leg pertama babak perempat final antara MU melawan AS Roma yang berlangsung di Stadio Olimpico, Roma, 4 April 2007. Saat itu MU juga kalah 1-2. Gelandang andalan Ferguson, Paul Scholes mendapat dua kartu kuning alias kartu merah dalam selang waktu kurang dari 10 menit di babak pertama. Ferguson menuding keputusan Fandel lebih banyak menguntungkan Giallorossi. Satu tudingan yang kemudian dipelajari Komisi Disiplin UEFA.
Belakangan, wasit jadi ‘teman akrab’ bagi Ferguson. Gara-gara kritikannya terhadap kepemimpinan Martin Atkinson yang menjadi wasit laga MU vs Portsmouth di babak perempat final FA Cup, 8 Maret lalu, Ferguson dan asistennya, Carlos Queiroz harus menghadiri hearing dengan Komisi Disiplin FA.
Yang paling panas, Ferguson mengecam keras keputusan Alan Wiley saat menjadi pengadil di laga “final” premiership musim ini antara MU versus Chelsea di Stamford Bridge, London, Sabtu, 26 April lalu. Akankah kali ini kehadiran Fandel kembali menjadi 11qazmusuh11qaz bagi Ferguson?

sumber UEFA Tunjuk Fandel, Ferguson Mangkel : LiputanBola.Com
UEFA TUNJUK FANDEL, FERGUSON MANGKEL

Tidak ada komentar: