Selasa, 19 Agustus 2008

Komisi Eropa Tolak ‘Formula 6+5’ Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KOMISI EROPA TOLAK 'FORMULA 6+5' SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KOMISI EROPA TOLAK 'FORMULA 6+5'

Komisi Eropa, badan eksekutif Uni Eropa, memperingatkan FIFA sebagai badan otoritas tertinggi dalam persepakbolaan dunia, untuk tidak mencari kesepakatan atau pengertian bersama dengan asosiasi negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa, terkait keinginan Presiden FIFA, Sepp Blatter, yang menuntut diadakannya pembatasan jumlah pemain asing dalam satu klub yang berkecimpung di kompetisi utama masing-masing negara Eropa.
“Hukum yang berlaku di Uni Eropa kedudukannya jauh lebih tinggi dibanding kesepakatan seperti itu,” tegas seorang pejabat Eksekutif Komisi Eropa seperti yang dikutip Reuters. Karena itu, “Saya menyarankan kepada FIFA untuk menimbang ulang secara seksama dan berpikir dua kali sebelum melakukan langkah tersebut ,” imbuhnya.
Seperti diketahui, Blatter bakal menyodorkan proposalnya tentang ‘formula 6+5’ dalam Kongres FIFA yang akan digelar di Sydney, Australia, bulan depan. Menurut sumber dari dalam FIFA, Blatter berusaha untuk melangkahi aturan hukum yang berlaku di Uni Eropa dengan mencapai deal atau kesepakatan dengan sejumlah asosiasi sepakbola negara dalam kongres tersebut.
Formula dimaksud adalah aturan wajib bagi setiap klub untuk menurunkan atau memainkan minimal enam pemain yang berasal dari negara tempat klub itu berdomisili. Lima lainnya boleh diisi pemain asing }.
“Andaikata Chelsea dilarang merekrut atau membeli Ronaldinho dengan alasan adanya deal atau kesepakatan antara FA dengan FIFA, maka si pemain atau Chelsea, berdasarkan aturan di Uni Eropa dapat melakukan langkah hukum. Sebab, para pesepakbola sama derajatnya dengan para pekerja. Karenanya, mereka harus diizinkan untuk bekerja di semua negara yang tergabung dalam Uni Eropa,” tandas pejabat tersebut.
Untuk dapat mengubah aturan yang selama ini baku diberlakukan dalam regulasi FIFA, terkait proposal ‘formula 6+5”-nya itu, Blatter memerlukan 75 persen suara dari 208 asosiasi negara-negara anggota FIFA. Artinya, proposal Blatter bakal berlaku jika didukung minimal 156 suara .

sumber Komisi Eropa Tolak 'Formula 6+5' : LiputanBola.Com
KOMISI EROPA TOLAK 'FORMULA 6+5'

Tidak ada komentar: