Sabtu, 09 Agustus 2008

Inggris Kembali Terpukul Seputar Berita Dunia Sepak Bola

INGGRIS KEMBALI TERPUKUL SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

INGGRIS KEMBALI TERPUKUL

Berbeda dengan format sebelumnya, di babak kualifikasi Piala Dunia 2010, tim-tim Eropa yang berjumlah 53 tim akan terbagi ke dalam sembilan grup. Delapan grup di antaranya akan terdiri dari enam tim dan satu grup lainnya hanya terdiri dari lima tim.
Jatah tim-tim Eropa sendiri di putaran final PD 2010 yang akan berlangsung di Afrika Selatan adalah 13 tim. Artinya, juara dari masing-masing grup lolos otomatis ditambah empat tim lainnya hasil babak play-off antara delapan tim runner-up terbaik.
Format demikian memukul Inggris yang baru saja gagal melaju ke putaran final Euro 2008. Pasalnya, kegagalan tersebut membuat ranking Inggris jadi turun ke posisi 12. Artinya, dalam pengundian kualifikasi PD 2010 yang akan berlangsung di Durban, Afsel, 25 November, Inggris tidak lagi menjadi top seeded atau unggulan utama di Eropa. Inggris bakal berada di pot kedua. Dengan kata lain, Inggris dipastikan bakal satu grup dengan salah satu dari sembilan tim unggulan pertama.
Bisa jadi di babak kualifikasi PD 2010 Inggris bakal bertemu dengan tim-tim elite Eropa lainnya seperti misalnya Italia, Prancis, Jerman, dan Belanda. Sebab, empat negara tersebut dipastikan akan menjadi sembilan tim yang masuk pot satu. Lima negara lainnya yang diperkirakan masuk pot satu atau unggulan utama adalah hampir Spanyol, Republik Ceska, Portugal, Kroasia, dan Yunani.
Perubahan format bagi zona Eropa di kualifikasi PD 2010 itu setidaknya disambut baik Presiden UEFA, Michel Platini. “Kompromi yang bagus. Sebab, dalam format terdahulu, saya kurang senang dengan pembagian grup yang terdiri dari tujuh grup yang terdiri dari delapan tim,” ujar Platini seperti yang dikutip BBC Sports News.

sumber Inggris Kembali Terpukul : LiputanBola.Com
INGGRIS KEMBALI TERPUKUL

Tidak ada komentar: