Senin, 11 Agustus 2008

Final Impian Terwujud Seputar Berita Dunia Sepak Bola

FINAL IMPIAN TERWUJUD SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FINAL IMPIAN TERWUJUD

Akhirnya final impian antara jawara Eropa dan jawara Amerika Latin terwujud. AC Milan, juara Liga Champions Eropa 2006-07 bakal bertanding melawan juara Libertadores, Boca Juniors di partai pamungkas Piala Dunia Antar Klub 2007 yang akan berlangsung di Stadion Internasional Yokohama, Minggu, 16 Desember.
Dalam partai semifinal kedua, Kamis malam waktu setempat, Milan Harus berjuang dengan susah payah sebelum akhirnya mengatasi perlawanan juara Liga Champions Asia, Urawa Red Diamonds 1-0 . Satu-satunya gol bagi kemenangan pasukan Carlo Ancelotti dicetak gelandang menyerang Clarence Seedorf di menit ke-68 babak kedua. Sebagaimana diketahui, kemarin, di Stadion Nasional, Tokyo, Boca mengandaskan perlawanan Etoile Sportive du Sahel juga dengan skor yang sama.
Dalam partai yang dipimpin wasit Jorge Larrionda , sejak kick-off babak pertama, Milan menguasai penuh jalannya pertandingan. Tampak jelas, Rossoneri unggul kualitas dan materi tim. Di menit ke-12, tendangan bebas Andrea Pirlo masih mampu ditepis kiper Ryota Tsuzuki. Dari tendangan penjuru yang juga dieksekusi Pirlo, sundulan kapten tim Massimo Ambrosini hanya melambung tipis di atas mistar gawang Urawa.
Di menit-23, tembakan kaki kanan Clarence Seedorf juga masih dapat dihalau Tsuzuki. Milan terus menggempur. Boleh dibilang pertandingan berjalan setengah lapangan. Beberapa kali pemain Urawa terpaksa melanggar laju Pirlo dkk. Meski demikian sampai 30 menit pertandingan Milan belum mampu menjebol gawang Tsuzuki seiring dengan solidnya lini belakang Urawa yang dikomandani defender Timnas Jepang kelahiran Brasil, Marcus Tulio Tanaka.
Seiring dengan mulai frustasinya Pirlo dkk, Urawa mencoba melakukan serangan balik. Sesekali pergerakan Washington dan Nagai bisa menembus lini pertahanan Milan. Sayang, penyelesaian akhir tidak akurat. Peluang pun terbuang percuma. Sampai jeda, kedudukan masih tetap imbang tanpa gol.
Di babak kedua, Milan lebih menggiatkan daya gempur serangannya. Tiga menit berselang, tendangan Jankulovski melebar tipis di samping kanan gawang Urawa. Di menit ke-52, gelandang Urawa, Yuki Abe jadi pemain Urawa pertama yang mendapat kartu kuning dari Larrionda. Urawa mulai menggebrak Milan lewat tendangan Takahito Soma yang masih bisa dihalau Nelson Dida.
Di menit ke-55 Milan punya peluang emas. Umpan lambung Jankulovski berhasil dikontrol dengan sempurna oleh Seedorf yang lolos dari perangkap off-side. Sayang, dalam kesempatan pertama, tendangan kaki kiri Seedorf hanya membentur jala sisi kanan gawang Urawa. Satu menit kemudian giliran Gilardino yang membuang peluang. Menyambut umpan Ambrosini yang melakukan penetrasi di sisi kanan Urawa, tendangan volley Gillardino jauh melebar.
Memasuki menit ke-62, Ancelotti memasukkan supersub, Fillipo Inzaghi, dan menarik keluar Gilardino. Dua menit kemudian, Nesta harus berjibaku menghalau bola lambung striker Yuichiro Nagai yang melakukan pergerakan di sayap kiri Milan. Dari tendangan penjuru, sundulan Nene melambung tinggi di atas mistar gawang Dida. Satu menit berlalu, Urawa punya peluang. Sayang tendangan Washington masih dapat diselamatkan Dida.
Kerja keras Rossoneri akhirnya membuahkan hasil di menit ke-68. Gol ini tercipta berkat kejelian Kaka yang menerobos pertahanan sisi kanan Urawa. Melihat Inzaghi yang ditempel ketat Tanaka, Kaka menyodorkan bola ke arah tengah kotak penalti yang langsung disambar Seedorf. Tsuzuki tak mampu berbuat apa-apa. 1-0 untuk Milan.
Di menit ke-72, Urawa kehilangan pemain kuncinya, Tanaka yang mengalami cedera paha. Meski demikian, Urawa tetap berupaya mencetak gol balasan. Di menit ke-77, tendangan Nobuhisa Yamada yang masuk menggantikan Tamada masih bisa ditepis Dida. Milan membalas lewat tendangan bebas Pirlo yang lagi-lagi melenceng di sisi kanan gawang Tsuzuki. Dua menit menjelang usai, lewat umpan Kaka, tendangan Seedorf melebar. Sampai usai, skor tetap tidak berubah, 1-0 untuk Rossoneri.
Susunan Pemain:

Urawa:

Tsuzuki, Tsuboi, Tanaka , Nene , Suzuki, Soma , Hosogai, Hasebe, Yuki Abe , Washington, Nagai.

Milan:

Dida, Oddo, Kaladze, Nesta , Jankulovski , Gattuso, Seedorf , Ambrosini, Pirlo, Kaka, Gilardino .

Wasit: Jorge Larrionda

sumber Final Impian Terwujud : LiputanBola.Com
FINAL IMPIAN TERWUJUD

Tidak ada komentar: