Senin, 11 Agustus 2008

Boca Terlalu Tangguh Buat Etoile Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BOCA TERLALU TANGGUH BUAT ETOILE SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BOCA TERLALU TANGGUH BUAT ETOILE

Kian dekat final impian antara jawara Libertadores dengan juara Liga Champions Eropa. Dalam pertandingan semifinal pertama Piala Dunia Antar Klub 2007 yang berlangsung di Stadion Nasional Tokyo, Jepang, Rabu, 12 Desember, Boca Juniors berhasil mengatasi perlawanan juara Liga Champions Afrika, Etoile Sportive du Sahel dengan skor tipis 1-0 langsung.
Kemenangan itu diraih Boca dengan cukup susah payah mengingat dalam 25 menit terakhir, Boca harus tampil dengan 10 pemain ketika gelandangnya Fabian Andres Vargas mendapat kartu merah. Dengan hasil ini, di partai final yang rencananya berlangsung di Stadion Internasional, Yokohama, Minggu, 16 Desember, Boca bakal berhadapan dengan pemenang pertandingan semifinal kedua antara AC Milan vs Urawa Reds.
Awalnya, dalam 15 menit pertama tempo permainan berjalan lambat. Boca yang tampil tanpa playmaker andalannya, Juan Roman Riquelme, berusaha keluar dari tekanan para pemain Etoile yang memasang lima pemain di lini tengah dan hanya mengandalkan Amine Chermiti sebagai striker tunggal. Malapetaka bagi Etoile datang ketika pertandingan baru berjalan kurang dari 10 menit, ketika gelandang asal Nigeria, Muri Ogunbiyi, yang tampil cemerlang di babak perempat final, harus ditarik ke luar lapangan dan digantikan Afouan Gharbi.
Ketegasan Claus Bo Larsen dalam memimpin pertandingan membuat dua pemain Boca dalam waktu empat menit harus rela diganjar kartu kuning, yaitu Vargas dan Sebastian Battaglia. Satu menit kemudian, giliran Gharbi.

Perlahan Boca mampu mengendalikan jalannya pertandingan. Tapi, baru di menit ke-36, upaya Boca membuahkan hasil. Gol ini tercipta lewat umpan Martin Palermo kepada Jonathan Maidana yang melakukan penetrasi di rusuk kanan pertahanan Etoile. Bola disodorkan kepada Neri Cardozo yang tanpa ampun melakukan tendangan keras dan tak mampu diblok kapten Etoile, Saif Ghezal dan juga kiper Aymen Balbouli. 1-0 untuk Boca.
Meski sudah unggul Boca terus menggempur pertahanan Etoile. Sebaliknya, sesekali klub asal Tunisia itu berusaha membalas lewat serangan balik. Dua menit sebelum turun minum, Etoile punya peluang emas. Sodoran matang Ali Nafkha mampir di kaki Amine Chermiti. Sayang, tendangan kaki kiri Chermiti masih bisa diblok Caranta. Di injury time Boca punya peluang untuk menggandakan keunggulan lewat sundulan Palermo yang hanya melenceng tipis di sebelah kiri gawang Balbouli.
Baru dua menit setelah kick-off babak kedua dibunyikan, Boca nyaris kembali menjebol gawang Etoile. Kesalahan judgment yang dilakukan Balbouli mengantisipasi tendangan penjuru membuat bek Boca, Gabriel Paletta berhasil menyundul bola. Sayang, arahnya melambung. Dua menit kemudian, Ghezal nyaris menyamakan kedudukan. Sundulannya memanfaatkan tendangan bebas, hanya melebar beberapa sentimeter dari sisi gawang Caranta.
Di menit ke-55, pelatih Etoile, Bertrand Marchand mencoba meningkatkan daya gempur timnya dengan memasukkan striker Mahdi Ben Dhifallah menggantikan gelandang Mohamed Sacko. Masuknya penyerang muda berusia 24 tahun itu cukup membuat serangan Etoile lebih menggigit.
Boca mendapat pukulan, terpaksa bermain dengan 10 orang sejak menit ke-64. Vargas kembali melakukan pelanggaran keras. Alhasil, ia menerima kartu kuning kedua alias kartu merah. Pelatih Boca, Miguel Russo, bereaksi dengan menarik keluar Cardozo dan memasukkan gelandang sayap Alvaro Gonzalez.
15 menit sebelum usai, Marchand kembali memasukkan seorang striker, Gilson Manuel Silva Alves dan menarik keluar gelandang Mejdi Traoui. Namun, semenit kemudian, justru Boca yang nyaris memperbesar keunggulan. Sundulan Palermo lagi-lagi melenceng tipis di samping kanan gawang Balbouli. Empat menit menjelang usai, tendangan Rodrigo Palacio membentur mistar gawang Balbouli. Selang dua menit, Etoile mempunyai peluang terbaik untuk menyamakan kedudukan. Umpan lambung dari sayap berhasil disundul Silva Alves. Sayang, arah bola bergulir sangat tipis di sisi kanan gawang Caranta. Sampai bubaran skor tetap tidak berubah, 1-0 untuk Boca.
Susunan Pemain:

Etoile:

Balbouli, Ghezal, Falhi, Chermiti, Meriah , Frej, Sacko , Traoui , Ali Nafkha, Narry, Ogunbiyi .

Boca:

Caranta, Morel, Ibarra, Battaglia , Palermo , Palacio , Cardozo , Maidan, Vargas , Banega , Paletta.

Wasit: Claus Bo Larsen .

sumber Boca Terlalu Tangguh Buat Etoile : LiputanBola.Com
BOCA TERLALU TANGGUH BUAT ETOILE

Tidak ada komentar: