Rabu, 23 Juli 2008

UEFA Berniat Pangkas Pendapatan The Big Four Seputar Berita Dunia Sepak Bola

UEFA BERNIAT PANGKAS PENDAPATAN THE BIG FOUR SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

UEFA BERNIAT PANGKAS PENDAPATAN THE BIG FOUR

Musim lalu klub-klub Inggris begitu perkasa di ajang Liga Champions. Pada fase semifinal mereka menempatkan tiga wakilnya, yakni: Manchester United, Liverpool, dan Chelsea. Hanya satu klub non-Inggris pada babak krusial tersebut. Hasilnya, seperti telah diketahui bersama, MU menjadi juara ajang prestisius ini.
Dampak lain kemenangan MU ini adalah gelontoran uang hadiah kepada kubu setan merah. Tentu saja dengan pencapaiannya tersebut, klub-klub Inggris mendapat uang lebih banyak daripada peserta Liga Champions lainnya. Jika pendapatan Liga Champions ketiga semifinalis-ditambah Arsenal- digabung, maka jumlahnya cukup fantastis yakni 102 juta pounds, dengan rincian MU menerima 33,9 juta pounds, Chelsea mendapat 28,7 juta pounds, Liverpool diganjar 21,1 juta pounds, serta Arsenal mengantongi 18,3 juta pounds. Jumlah sebesar itu tentu belum dihitung dengan hasil dari penjualan tiket atau transaksi apapun yang terjadi pada saat hari pertandingan.
Melihat situasi yang ‘kurang sehat’ bagi persepakbolaan Eropa ini maka UEFA berencana untuk membujuk The Big Four agar mau menerima pemasukan yang lebih kecil dari sebelumnya. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Komunikasi dan Penasihat Khusus UEFA, William Gaillard. “Kami sangat menaruh menaruh perhatian pada tidak imbangnya distibusi pemasukan yang dapat memperburuk situasi liga nasional dengan melebarnya jurang antara klub kaya dan tidak begitu kaya,” tuturnya seperti dikutip Guardian.
Ia melanjutkan: “Kami akan bicara dengan klub-klub dan melihat apa yang mereka rasakan, dan mencoba meyakinkan mereka bahwa dalam jangka panjang hal ini akan berdampak pada mereka, sebab karena cara uang tersebut didistribusikan, liga nasional menjadi begitu tidak seimbang.”
Bagaimanapun, perjanjian dengan model seperti yang diterapkan saat ini berlaku hingga 2012, sehingga baik UEFA maupun klub-klub liga Inggris dapat mempersiapkan diri sejak saat ini. UEFA sendiri sejauh ini berupaya meminta dukungan pada Dewan Strategi Eropa, sebuah badan yang mewakili klub, liga, pemain, dan asosiasi. “Ini adalah sesuatu yang akan kami bawa ke Dewan Strategi dan menemukan konsensus, namun kami akan mendapatkan kebijakan konsultasi yang cukup luas. Kami sendiri mendapati situasi seperti ini masih bertahan sampai 2012, maka kami masih memiliki waktu untuk mereviewnya kembali,” tandas Gaillard.

sumber UEFA Berniat Pangkas Pendapatan The Big Four : LiputanBola.Com
UEFA BERNIAT PANGKAS PENDAPATAN THE BIG FOUR

Tidak ada komentar: