Rabu, 23 Juli 2008

Moratti Klaim Mourinho Mirip Herrera Seputar Berita Dunia Sepak Bola

MORATTI KLAIM MOURINHO MIRIP HERRERA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

MORATTI KLAIM MOURINHO MIRIP HERRERA

Salah satu pelatih yang mendapat tempat sangat tinggi dalam sejarah Inter Milan adalah Helenio Herrera. Bahkan, pelatih kelahiran Buenos Aires, Argentina yang wafat pada 9 November 1997 lalu itu dianggap sebagai legenda terbesar dalam sejarah Nerazzurri setelah berhasil dua kali secara berturut-turut mengantarkan klub menjadi juara European Champions Cup di tahun 1964 dan 1965. Tidak hanya itu saja, Herrera pun mempersembahkan tiga gelar scudetto dan dua gelar Intercontinental Cups.
Di tangan Herrera-lah, dunia mengenal sistem sepakbola baru dalam persepakbolaan Italia: Catenaccio atau sistem grendel yang memakai lima pemain sebagai defender, salah satu di antaranya berfungsi sebagai sweeper atau libero yang berdiri di depan dua center-back. Lewat gaya itulah, Gli Azzurri berhasil menjuarai Piala Dunia 1982 yang berlangsung di Spanyol.
Nah, sosok Herrera yang melegenda itu kini diklaim owner klub, Massimo Moratti menitis kepada manajer Inter yang baru berlabuh di San Siro, Juni lalu, Jose Mourinho. “Dalam beberapa aspek, keduanya mempunyai kesamaan,” tutur Presiden Beneamata itu seperti yang dikatakannya kepada harian olahraga terkemuka di Italia, La Gazzetta dello Sport.
Salah satu aspek yang diklaim Moratti menjadi persamaan antara Herrera dan Special One adalah soal sikap . “Saya selalu melihat sikap yang ada dalam diri Mourinho mirip dengan yang dimiliki Herrera. Sebelum saya merekrutnya pun saya telah melihat sikap tersebut. Ia dan Herrera merupakan dua sosok pekerja keras. Selain itu, mereka berdua termasuk orang yang sangat teliti dan memperhatikan hal-hal yang kecil sekalipun,” tegas Moratti.
Meskipun belum memulai tugasnya di lapangan, sikap Mourinho telah mencuri hati Moratti. ”Saya pun menyukai pola manajemen human ala Mourinho. Contohnya, sangat terpuji dan baik upaya yang dilakukannya tatkala menjenguk Cristian Chivu seusai menjalani operasi pada bahunya. Sikap seperti itu membuat para fans klub melupakan Roberto Mancini,” aku Moratti.
Karena itu Moratti yakin Mourinho bakal memberi bukti berupa kesuksesan di San Siro. Saya sangat yakin apapun yang saya lakukan adalah demi kebaikan Inter sendiri. Saya pun percaya jika Mourinho bakal mampu menunaikan tugasnya dengan baik. Sebab, ia tipe pekerja yang tak kenal lelah,” pujinya.

sumber Moratti Klaim Mourinho Mirip Herrera : LiputanBola.Com
MORATTI KLAIM MOURINHO MIRIP HERRERA

Tidak ada komentar: