Rabu, 23 Juli 2008

Statistik Ronaldo Bicara! Seputar Berita Dunia Sepak Bola

STATISTIK RONALDO BICARA! SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

STATISTIK RONALDO BICARA!

Bursa transfer musim panas tahun ini tidak terlepas dari kisah hangat segitiga: Manchester United, Cristiano Ronaldo dan Real Madrid. Ribuan kata terlontar dari kedua klub yang saling memperebutkan, dan juga dari Ronaldo sendiri. Membahas klaim yang mewarnai kisah transfer Ronaldo seakan tidak ada habisnya dan sulit dipegang.
Menarik untuk dijabarkan yakni data statistik seperti apa yang dilansir The Telegraph mengenai perjalanan Ronaldo di Old Trafford sejak mendarat pada musim panas 2003 dari Sporting Lisbon. Dari catatan itu bisa terlihat jelas alasan mengapa MU begitu gigih mempertahankan. Sebaliknya, dari data itu bisa terjawab mengapa Madrid sangat ingin menyandingkannya dengan bintang yang telah dikoleksi di Santiago Bernabeu, walau Los Merengues dari pernyataan terakhir tidak bersedia menggelontorkan dana dua kali lipat dari rekor pembelian Zinedine Zidane di tahun 2001 atau sebesar 100 juta euro.
Dari lima tahun bermain di MU, Ronaldo bermain 196 kali sebagai starter dan 43 kali sebagai pemain pengganti. Dalam rentang waktu itu Ronaldo melesakkan 92 gol. Catatan mengesankan, mengingat ia lebih banyak bermain melebar. Dengan jumlah 42 gol musim lalu, termasuk satu gol di partai final Liga Champions, Ronaldo tak ayal menjadi pemain paling dikagumi saat ini—terlepas dari kegagalan Portugal di Euro 2008.
Catatan di atas tidak akan dikesampingkan oleh tim teknik Madrid dibawah Direktur Sport Klub, Predrag Mijatovic. Madrid yang juga disinyalir mempertimbangkan keuntungan yang bisa diperoleh dari kebintangan Ronaldo }, begitu yakin performa CR7 belum berada di puncak atau dengan kata lain masih berpotensi untuk jauh lebih baik lagi.
Raihan mengesankan 66 gol di Liga Premier dari 163 pertandingan membuatnya dijuluki winger tertajam dalam sejarah The Red Devils. Musim lalu ia jauh melampaui rekor George Best yang melesakkan 32 gol dalam semusim. Arsenal merasakan pahitnya ulah Ronaldo yang melesakkan tiga gol dari empat lawatan ke Emirates Stadium. Tapi Ronaldo terbilang mandul dengan belum sekalipun menyayat gawang dalam lawatan ke Goodison Park, Ewood Park dan Anfield.
Tapi mandulnya Ronaldo tidak membuat Ramon Calderon, Presiden El Real, bergeming. Seperti di atas, Calderon yakin Ronaldo masih memiliki potensi. Ada benarnya karena Calderon juga melihat data gol Ronaldo di luar Old Trafford, saat di Roma dan ke gawang Chelsea di Moskow, Rusia. Mengenai kegagalan Ronaldo mengantar Portugal ke semifinal, pelatih Jerman, Joachim Loew dengan tepat menginstruksikan Bastian Schweinsteiger dan Arne Friedrich untuk membatasi ruang geraknya di Basel, Kamis pekan lalu.
Data CR7 di untuk Timnas Portugal juga tidak kalah kinclong. Sebanyak 21 gol sudah dibukukan pada usia yang baru menginjak 23 tahun biarpun gawang yang menjadi korban tim-tim medioker seperti Luxembourg, Azerbaijan atau Belgia. Prospek Ronaldo cerah yang dilihat dari grafik performanya yang terus menanjak. Merujuk dari jumlah gol, dari musim 2003-04 sampai 2007-08, Ronaldo mengemas 4, 5, 9, 17 dan 31 gol di Liga Premier.
Catatan lengkap CR7:

Liga Premier:

FA Cup:

Piala Liga:

Liga Champions dan kancah Eropa:

Community Shield:

Total:
*

sumber Statistik Ronaldo Bicara! : LiputanBola.Com
STATISTIK RONALDO BICARA!

Tidak ada komentar: