Selasa, 29 Juli 2008

Piala UEFA Akan Berganti Nama Seputar Berita Dunia Sepak Bola

PIALA UEFA AKAN BERGANTI NAMA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

PIALA UEFA AKAN BERGANTI NAMA

Sejak UEFA menghapuskan ajang Piala Winner pada delapan tahun lalu, maka Piala UEFA pun naik kasta. Ajang ini menjadi kompetisi tingkat klub terbesar kedua setelah Liga Champions. Sayangnya meski sudah ‘naik kasta’ nasib Piala UEFA hanya sedikit membaik. Kejuaraan ini tetap tidak terlalu dilirik oleh klub-klub besar Eropa. Bahkan tidak sedikit klub raksasa yang menganggap bermain di Piala UEFA sama dengan sebuah bencana, seperti yang pernah dilontarkan kubu AC Milan.
Melihat situasi demikian, UEFA pun tergerak untuk mengangkat pamor kejuaraan yang sudah digelar sejak 1971 ini. Salah satu upaya yang kini sedangmenjadi bahan pertimbangan UEFA adalah mengganti nama kejuaraan ini. Hal ini dinyatakan oleh Karl-Heinz Rummenigge, yang dalam kapasitasnya menjadi perwakilan dari Asosiasi Klub-Klub Eropa. Langkah nyata telah ditempuh oleh organisasi ini, dengan menyerahkan proposal penggantian nama tersebut pada UEFA Senin ini.
“Harapannya adalah dengan menyegarkan nama dan ‘merek’ tersebut, akan dapat menolong meningkatnya hasil seperti apa yang terjadi pada Piala UEFA seperti di masa lalu. Terdapat pandangan umum bahwa ini telah menjadi kompetisi kelas dua, dan kami ingin mengembalikan nya seperti apa yang terjadi pada 10 atau 15 tahun silam, papar Rummenigge seperti dilansir yahoosports.
Sebuah sumber dari dalam UEFA mengatakan bahwa Komite Eksekutif akan melakukan voting untuk memilih nama baru kejuaraan tersebut, pada pertemuan yang akan dilaksanakan bulan September. Ia menyebutkan bahwa nama baru tersebut akan menjadi cerminan sistem penyisihan grup yang sudah akan dipakai pada penyelenggaraan Piala UEFA musim 2009/10.
Desember silam, UEFA mengumumkan bahwa mereka akan mengubah format Piala UEFA. Yakni dengan menghapus sistem lima tim dalam satu grup, di mana setiap tim akan menjalani partai kandang dan tandang. Dengan format baru tersebut, maka tiap tim hanya akan menjalani satu partai saja. Selain itu, UEFA berencana untuk mulai memasarkan kejuaraan tersebut dengan lebih terpusat. Hal tersebut akan diwujudkan mulai 2009 nanti.

sumber Piala UEFA Akan Berganti Nama : LiputanBola.Com
PIALA UEFA AKAN BERGANTI NAMA

1 komentar:

onding mengatakan...

meski punya tujuan untuk meningkatkan mutu dan kualitas dengan menambah jumlah nominal dan dan format kompetisi, namun europa league ini masih terkesan menjadi kejuaraan kelas dua eropa karena masih menampung 10 tim buangan dari liga champion.