Kamis, 17 Juli 2008

Laba Final Liga Champions Seputar Berita Dunia Sepak Bola

LABA FINAL LIGA CHAMPIONS SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

LABA FINAL LIGA CHAMPIONS

Satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari perhelatan Final Liga Champions adalah uang. Tim peserta boleh berganti, venue final boleh saja berpindah, namun jumlah uang yang beredar tidak pernah berkurang. Bahkan kemungkinan besar, setiap tahun jumlah uang yang bergulir di kompetisi antar klub Eropa tertinggi ini makin besar.
Tim pemenang akan membawa pulang sekitar 85 juta pound sebagai hadiah dan berbagai keuntungan komersial yang didapat. Sedangkan tim yang kalah juga menerima uang dalam jumlah menggiurkan. Meski tidak sebesar tim juara, namun mereka minimal mengantongi 30 juta pound.
Namun dampak ekonomi final tidak berhenti sampai di situ. Dampak ekonomi laga final juga akan terjadi pada kegiatan-kegiatan non-sepakbola. Jutaan pounds akan dibelanjakan para penonton di supermarket guna memenuhi kebutuhan makan-minum mereka. Bar-bar yang menyajikan laga ini pun akan turut kebanjiran pengunjung. Pihak lain yang juga menangguk keuntungan adalah maskapai penerbangan. Minimal terdapat 50.000 warga Inggris yang terbang ke Rusia.
Menurut pimpinan Pusat Universitas Coventry untuk urusan bisnis sport Internasional, Professor Simon Chadwick, uang yang beredar kali ini kemungkinan besar akan menjadi yang terbesar. Dengan total melebihi 210 juta pound. Ia berkata seperti dikutip Times: “Berbeda dengan babak penyisihan grup, dan babak knock out, ini adalah salah satu laga final terbesar dunia. Dapat disejajarkan dengan pertandingan Super Bowl yang dimiliki National Football League di Amerika Serikat.”
Datangnya puluhan ribu fans, tamu VIP, dan staf perusahaan TV akan membuat Moskow lebih kaya sekitar 35 juta pound. Berdasarkan survei terhadap pemegang kartu MasterCard, Chadwick menyimpulkan kalau umumnya uang tersebut akan dikeluarkan untuk membayar kamar hotel, makan dan minum. Namun masih ada bonus sekitar 10 juta pound untuk kota tim juara. Bonus ini memang tidak didapat secara langsung, melainkan melalui pertumbuhan sektor pariwisata yang terkatrol karena kota tersebut memiliki tim juara.
Untuk siaran TV terestrial, stasiun TV akan menerima tambahan keuntungan sebesar 50 persen dari para pemasang iklan. Slot-slot tambahan sepanjang 30 detik selama pertandingan adalah tambang uang bagi stasiun TV karena satu slot tersebut berharga sekitar lebih dari 200.000 pound.
Sebuah penelitian mendalam yang dilakukan lembaga keuangan bernama Sainsbury’s finance, memperkirakan kalau rata-rata setiap tamu dari Inggris ini akan menghabiskan rata-rata 524 pound untuk kunjungan ke Rusia ini. Jumlah tersebut belum dihitung dengan harga tiket. Secara kumulatif, jika dijumlahkan uang yang dibawa para orang Inggris itu berjumlah sekitar 40 juta pound.
Biaya menginap dua malam di hotel berjumlah sekitar 320 pound, dengan lebih dari 80 pound akan dikeluarkan untuk ongkos taksi dari dan menuju Bandara. Lantas 120 pound akan dihabiskan untuk urusan makan dan minum. Perhitungan untuk soal makan dan minum ini pun sangat mungkin melonjak lagi, sebab jumlah tersebut hanya terwujud jika para penonton bola tersebut menerapkan pola makan sederhana.

sumber Laba Final Liga Champions : LiputanBola.Com
LABA FINAL LIGA CHAMPIONS

Tidak ada komentar: