Kamis, 17 Juli 2008

Roma Pertahankan Gelar Coppa Italia Seputar Berita Dunia Sepak Bola

ROMA PERTAHANKAN GELAR COPPA ITALIA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

ROMA PERTAHANKAN GELAR COPPA ITALIA

AS Roma sukses mempertahankan gelar Coppa Italia setelah menekuk Inter Milan 2-1 di Stadio Olimpico, Roma, Sabtu atau Minggu dinihari—WIB. Dua gol yang disumbangkan Philippe Mexes dan Simone Perrotta mengantar Roma membukukan hat-trick juara di turnamen ‘kelas dua’ Italia.
Untuk keempat kalinya berturut-turut Roma bertemu dengan Inter di final Coppa Italia. Sebelum final pertama menggunakan sistem satu leg, masing-masing tim berbagi dua kemenangan. Tampil disaksikan mayoritas pendukungnya, allenatore Roma, Luciano Spalletti menurunkan skuad terbaik.
Roma minus trio penggebrak Francesco Totti, Rodrigo Taddei dan Amantino Mancini. Sementara itu, Roberto Mancini banyak menurunkan sejumlah pemain pelapis. Entah karena pemain pilarnya mengalami cedera ataupun akibat hukuman suspended.
Babak pertama dimulai Roma tampil lebih atraktif. Dengan determinasi tinggi, Daniele De Rossi dkk banyak menekan barisan pertahanan Nerazzuri. Beberapa kali gawang Francesco Toldo mendapat ancaman dari Mirko Vucinic yang tampil di depan dengan ditopang Simone Perrotta, Ludovic Giuly dan Alberto Aquilani.
Inter yang sedikit kesulitan mengembangkan tempo permainan dibuat tertinggal saat pertandingan memasuki menit ke-36. Berawal dari sepak pojok, David Pizarro mengarahkan bola ke tiang dekat. Philippe Mexes yang sejatinya seorang defender lolos dari pengawalan. Tanpa ampun tendangan first-time kaki kanannya menyobek gawang Inter. Roma memimpin 1-0.
Inter berupaya menyamakan kedudukan di babak kedua dengan masuknya Pele namun dibuat terperanjat untuk kedua kalinya. Sembilan menit selepas turun minum, Perrotta menyudahi kerjasama satu-duanya dengan Vucinic dari sebuah serangan balik cepat. Javier Zanetti dkk protes karena merasa ada pelanggaran terlebih dahulu yang dilakukan Marco Cassetti. Wasit Emidio Morganti tidak menggubris. Roma unggul dua gol.
Inter yang tertekan dengan ketinggalan dua gol menaikkan tempo. Empat menit kemudian Pele memperkecil ketinggalan melalui tendangan cannon-ball dari luar kotak 16 meter. Kiper Roma. Alexander Doni dibuat melongo tanpa mampu berbuat apapun. Tensi pertandingan pun semakin panas. Wasit dibuat sibuk meniup peluit dan mengeluarkan kartu kuning.
Inter jadi balik menekan. Sebuah sundulan Nicolas Burdisso memanfaatkan umpan silang Maicon mampu menundukkan Doni namun bola sayangnya membentur mistar. Terus menekan dan memasukkan Hernan Crespo di masa tambahan waktu tidak mampu mengubah skor yang berakhir 2-1. Total Roma sudah sembilan kali tampil juara, menyamai catatan Juventus sebagai pemegang gelar juara terbanyak.
Susunan pemain:

Roma: Doni; Mexes, Tonetto, Cassetti, Juan; Perrotta , Pizarro, Aquilani , De Rossi, Giuly ; Vucinic .

Inter: Toldo ; Burdisso , Chivu, Maxwell, Maicon; Cesar , Zanetti , Vieira , Stankovic }; Suazo, Balotelli.

sumber Roma Pertahankan Gelar Coppa Italia : LiputanBola.Com
ROMA PERTAHANKAN GELAR COPPA ITALIA

Tidak ada komentar: