Minggu, 17 Agustus 2008

Vink Bantah Bela Kuyt Seputar Berita Dunia Sepak Bola

VINK BANTAH BELA KUYT SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

VINK BANTAH BELA KUYT

Cerita yang tersisa seusai laga leg pertama babak perempat final Liga Champions, antara Arsenal versus Liverpool yang berlangsung di Emirates Stadium, Rabu, 2 April lalu. Dalam partai yang berkesudahan dengan hasil draw 1-1 itu, manajer The Gunners, Arsene Wenger, mengaku sangat terkejut dengan keputusan sang wasit, Pieter Vink, yang tidak menghukum aksi striker The Reds, Dirk Kuyt yang terkesan menjatuhkan gelandang Arsenal, Alexander Hleb, di kotak 16 meter.
Keputusan wasit berusia 41 tahun yang termasuk dalam barisan elite pengadil UEFA itu menuai kritik. Vink dituding telah ‘mendukung’ Kuyt. Pasalnya, keduanya berkewarganegaraan yang sama: Belanda. Bahkan, ditilik lebih jauh, daerah asal Vink, Noordwijkerhout, hanya berjarak kurang lebih lima mil dari tempat tinggal keluarga Kuyt yang terletak di Katwijk aan Zee.
“Sangat menggelikan jika ada tudingan keputusan itu disebabkan saya berkebangsaan Belanda. Di era modern seperti sekarang ini, setiap tim elite pastinya memiliki pemain yang beragam kewarganegaraannya. Seperti, Spanyol, Prancis, Italia, dan Brasil. Karenanya, itu bukan isu. Jadi, tudingan itu benar-benar menggelikan,” tegas Vink seperti yang dikutip harian The Sun.
Kuyt mengakui jika ia memang kenal dengan sosok Vink—satu-satunya wasit top Belanda yang menjadi salah satu wasit yang dipercayai UEFA untuk menjadi pengadil di pergelaran UEFA 2008 mendatang. “Saya tahu betul dengan sosoknya . Ia datang dari tempat yang tak jauh dimana saya dilahirkan dan tumbuh berkembang menjadi dewasa,” aku Kuyt seperti yang dikutip harian The Independent.
Tapi, “Beberapa kali ia pernah menjadi wasit dalam laga yang saya ikuti ketika masih memperkuat Feyenoord. Ketika itu, keputusannya justru merugikan kami. Saya pikir, keliru jika menuding wasit memberikan keuntungan kepada saya hanya gara-gara ia tahu dengan seorang Kuyt. Saya pikir, keputusannya terkait klaim penalti itu sudah tepat. Sebab, memang benar saya menyentuh Hleb. Tapi, saya tidak pernah menarik kostumnya. Jadi, saya pikir, Arsenal tidak pantas mendapat hadiah penalti,” tegas Kuyt.
Klaim Vink dan Kuyt mendapat bantahan dari konsultan wasit UEFA, Mario van der Ende. “Dalam pertandingan di level top seperti laga di Emirates, seorang wasit harus membuat keputusan yang benar. Dan, ia tidak melakukannya. Para jurnalis, kolega saya, dan bahkan Guus Hiddink pun beberapa kali menegaskan jika insiden itu 100 persen membuahkan tendangan penalti,” tandas Van der Ende.

sumber Vink Bantah Bela Kuyt : LiputanBola.Com
VINK BANTAH BELA KUYT

Tidak ada komentar: