Minggu, 17 Agustus 2008

Selangkah Lagi Zenit Torehkan Sejarah Seputar Berita Dunia Sepak Bola

SELANGKAH LAGI ZENIT TOREHKAN SEJARAH SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

SELANGKAH LAGI ZENIT TOREHKAN SEJARAH

Selangkah lagi Zenit St Petersburg menorehkan sejarah. Klub dari Rusia itu memiliki peluang besar untuk tampil kali pertama di babak semifinal Piala UEFA setelah pada leg pertama menundukkan tuan rumah Bayer Leverkusen sengan skor mencolok 4-1 di BayArena.
Tampil di kandang lawan, Zenit membuka serangan di awal babak pertama. Gawang Rene Adler terancam dan ia tercatat harus berjibaku menyelamatkan bola dari kaki Konsytantin Zyrianov. Namun pada menit ke-20 gawangnya tidak terselamatkan.
Andrei Arshavin yang menerima bola passing kurang sempurna Tranquillo Barnetta, membawa bola melewati Karim Haggui. Dari sudut sempit playmaker itu melepaskan tembakan mematikan. 1-0 pendukung Leverkusen dibuat bunkam. Tuan rumah langsung merespon dengan meningkatkan tekanan. Barnetta yang merasa bersalah akibat gol pertama mengancam gawang Vyacheslav Malafeev melalui tendangan keras yang masih bisa ditepis.
Tekanan gencar pasukan Michael Skibbe membuahkan hasil. Pada menit ke-33 Leverkusen menyamakan kedudukan lewat gol Stefan Kiessling. Gol tersebut merupakan gol ketujuh Kiessling di Piala UEFA musim ini. Membuatnya memimpin daftar top skorer bersama tombak Bayern Muenchen, Luca Toni. Berhasil menyamakan kedudukan, Leverkusen semakin menggebu-gebu untuk balik memimpin.
Dominasi serangan Leverkusen berlanjut di babak kedua. Tapi Dick Advocaat—pelatih Zenit—punya resep jitu. Zenit bermain disiplin dan tajam dalam membangun serangan balik. Skema serangan yang membuat mereka unggul 2-1 tujuh menit selepas jeda. Aksi Arshavin memudahkan Pavel menyeploskan bola ke gawang kosong dan ikut nimbrung bareng Kiessling dan Toni dengan tujuh gol.
Bernd Schuster dkk bernafsu menyamakan kembali kedudukan. Gelagat ini dimanfaatkan dengan baik oleh lawannya. Aleksandr Anyukov menggandakan keunggulan menit ke-61. Tendangan Anyukov dari jarak 25 meter tidak mampu dihentikan Adler. Tiga menit kemudian gol keempat sekaligus menjadi gol penutup dilesakkan Igor Denisov memanfaatkan umpan terobosan Pogrebnyak. Adler yang berusaha menutup ruang tak kuasa memungut bola dari gawang untuk keempat kalinya.
Sergej Barbarez, Hans Sarpei dan Lukas Sinkiewicz hanya memberi ancaman yang tidak berarti. Sedangkan Denisov nyaris mencetak gol kelima, namun tendangannya melebar. Dengan hasil tesebut tugas Leverkusen kian berat karena pada leg kedua di St Petersburg, Kamis pekan depan. Selain dukungan penonton setianya, Zenit juga terbantu oleh dukungan faktor cuaca.
Susunan pemain:

Bayer Leverkusen: Adler; Castro, Friedrich, Haggui, Gresko ; Schneider , Vidal , Rolfes, Barnetta; Kiessling, Gekas.

Zenit St Petersburg: Malafeev; Anyukov, Shirokov, Krizanac, Sirl; Denisov, Tymoschuk, Zyrianov; Arshavin, Pogrebnyak, Fayzulin.

Wasit: Olegario Benquerenca .

sumber Selangkah Lagi Zenit Torehkan Sejarah : LiputanBola.Com
SELANGKAH LAGI ZENIT TOREHKAN SEJARAH

Tidak ada komentar: