Minggu, 17 Agustus 2008

Liverpool Jumpa Chelsea Seputar Berita Dunia Sepak Bola

LIVERPOOL JUMPA CHELSEA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

LIVERPOOL JUMPA CHELSEA

Liverpool akhirnya memenangi peperangan triloginya dengan Arsenal. Dalam leg kedua babak perempat final Liga Champions yang berlangsung di Anfield Stadium, Selasa malam, The Reds unggul 4-2 . Dengan agregat 5-3, Liverpool berhak melaju ke babak semifinal dan akan berjumpa dengan tim premiership lainnya, Chelsea. Dalam waktu yang bersamaan, di partai yang digelar di Stamford Bridge, The Blues sukses membalas kekalahannya di leg pertama dengan mencukur Fenerbahce 2-0 atau agregat 3-2.
Di Anfield Stadium, partai ketiga atau yang terakhir dalam sepekan terakhir antara pasukan Rafael Benitez dengan tim asuhan Arsene Wenger, berjalan dengan sangat menarik, cepat, dan ketat. Di awal babak pertama, justru Cesc Fabregas dkk yang tampil lebih dominan. Hal ini tidak terlepas dari ketegangan Steven Gerrard dkk, terutama koordinasi di lini pertahanan.
Ketika pertandingan memasuki menit ke-12 dan 20 detik, berawal dari kesalahan bek-bek Liverpool yang tidak sempurna menghalau bola dari kotak 16 meter, terciptalah gol pertama bagi The Gunners yang dicetak dengan indah oleh gelandang Abou Diaby memanfaatkan sodoran manis dari Mathieu Flamini. Saking kerasnya sepakan Diaby, kiper Pepe Reina tak mampu mengantisipasinya. 1-0 untuk Arsenal.
Gerrard dkk tersengat. Didukung sebagian besar dari hampir 42 ribu penonton, Liverpool mulai menguasai keadaan dan mengendalikan jalannya pertandingan. Namun, gol balasan yang dinanti-nantikan publik Anfield baru tercipta di menit ke-30. Bermula dari umpan crossing Fabio Aurelio yang ditip keluar oleh Manuel Almunia. Tendangan sudut yang diambil Steven Gerrard berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh palang pintu veteran Sami Hyypia. Dengan pengalamannya, Hyypia mengecoh Philippe Senderos dan leluasa menanduk bola ke sudut kiri atas gawang Almunia. Skor 1-1 bertahan sampai jeda tiba.
Di babak kedua, tuan rumah semakin bersemangat menekan pertahanan tim tamu. Keluarnya Mathieu Flamini yang digantikan Gilberto Silva beberapa saat sebelum istirahat, membuat konsolidasi lini tengah The Gunners sedikit timpang. Alhasil, pergerakan Javier Mascherano dan Xabi Alonso lebih dominan.
Di menit ke-69, publik Anfield kembali bersorak melihat gol cantik yang dicetak striker andalan Benitez, Fernando Torres. Bermula dari sepakan jarak jauh yang dilakukan Reina, bola mampir di kepala Peter Crouch yang mengarah ke ruang kosong di kotak penalti Arsenal. Torres berhasil mendahului akselerasi Senderos dan Gallas. Tanpa melihat gawang, tendangan keras Torres menghujam sisi kiri gawang yang tak mampu diantisipasi Almunia. 2-1 untuk Liverpool.
Wenger bereaksi dengan menurunkan dua kartu trufnya, Robin van Persie dan Theo Walcott. Keputusan yang sangat jitu. Tiga menit kemudian, Emmanuel Adebayor yang lolos dari jebakan off-side membuang peluang di depan mata. Tinggal berhadapan dengan Reina, sontekan Adebayor melebar tipis di sebelah kanan gawang.
Arsenal tetap menyerang. Tujuh menit sebelum waktu menunjukkan angka 90, Arsenal mampu menyamakan kedudukan. Bermula dari serangan Liverpool yang kandas di kotak penalti. Bola liar mampir di kaki Walcott. Lewat kecepatan yang luar biasa, Walcott berhasil melewati empat pemain lawan, termasuk Mascherano dan Hyypia. Di kotak penalti Liverpool, Walcott menyodorkan umpan datar akurat kepada Adebayor. Tanpa kesulitan, penyerang Timnas Togo itu menjebol gawang Reina. Prosesi gol yang mirip dengan gol Adebayor ke gawang AC Milan. Skor 2-2. Arsenal di atas angin karena unggul mencetak gol di kandang lawan.
Namun, pertandingan belum usai. Semenit kemudian, Liverpool mendapat hadiah tendangan penalti ketika akselerasi Ryan Babel dilanggar Kolo Toure. Eksekusi penalti yang dilakukan Gerrard mulus. Skor berubah menjadi 3-2. Arsenal kembali menggempur. Sementara, Benitez berusaha bermain aman dengan memasukkan bek John Arne Riise menggantikan Torres.
Ketika injury time memasuki menit kedua, memanfaatkan kelengahan para pemain Arsenal yang naik membantu serangan, Riise menyodorkan bola lambung ke tengah lapangan. Babel yang lebih segar unggul dalam perebutan bola dengan Fabregas. Tanpa kesulitan Babel pun menjebol gawang Almunia. Skor 4-2. Tamatlah perjalanan Arsenal di Liga Champions musim ini.
Susunan Pemain:

Liverpool:

Reina, Carragher, Skrtel, Hyypia, Aurelio, Gerrard, Alonso, Mascherano, Kuyt , Torres , Crouch .

Arsenal:

Almunia, Toure , Gallas, Senderos , Clichy, Eboue , Flamini , Fabregas, Diaby , Hleb, Adebayor.

Wasit: Peter Frojdfeldt.
Sementara itu, di Stamford Bridge, gol cepat Michael Ballack—di menit keempat babak pertama—lewat sundulannya memanfaatkan umpan lambung hasil tendangan bebas yang dilakukan Joe Cole membuat Chelsea nyaman dalam melakoni leg kedua menjamu Fenerbahce. Kemenangan dua gol tanpa balas—gol lainnya dihasilkan Frank Lampard tiga menit sebelum laga usai—membuat John Terry dkk berhasil membalas dendam atas kekalahannya di leg pertama di Turki pekan lalu. Dengan agregat 3-2, The Blues berhak melaju ke babak semifinal.
Meraih salah satu tempat di babak semifinal Liga Champions musim ini merupakan kesuksesan kali keempat bagi Chelsea dalam lima musim terakhir. Sayang, dalam empat kali kesempatan sebelumnya, The Blues selalu gagal menginjakkan kakinya ke partai pamungkas. Apalagi, kali ini Chelsea kembali berhadapan dengan Liverpool, tim yang mengalahkan pasukan Jose Mourinho di babak semifinal musim lalu dan musim 2004-05.
Susunan Pemain:

Chelsea:

Cudicini , Essien , Carvalho , Terry, A-Cole, Ballack, Makelele, Lampard, J-Cole , Drogba, Kalou .

Fenerbahce:

Demirel, Gonul, Lugano, Edu Dracena, Wederson , Maldonado , Aurelio, Kazim-Richards, Deivid, Alex, Senturk .

Wasit: Herbert Fandel

sumber Liverpool Jumpa Chelsea : LiputanBola.Com
LIVERPOOL JUMPA CHELSEA

Tidak ada komentar: