Jumat, 01 Agustus 2008

Sinyal Ferguson Kecewa dengan Ronaldo Seputar Berita Dunia Sepak Bola

SINYAL FERGUSON KECEWA DENGAN RONALDO SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

SINYAL FERGUSON KECEWA DENGAN RONALDO

Tak habis-habisnya pembicaraan seputar bintang Manchester United, Cristiano Ronaldo. Sejak pernyataan tentang keinginannya mengenakan kostum putih-putih alias Real Madrid, Ronaldo menjadi komoditi laris media massa. Meskipun ‘gerakan di bawah tanah’ ala Madrid sangat menggebu-gebu, manajer MU, Sir Alex Ferguson, yakin dirinya bakal mampu meluluhkan hati Ronaldo. Dalam arti, Ferguson pede ia dapat menangkis bujuk rayu Los Merengues terhadap pemain yang perannya di dua musim lalu begitu kentara bagi keberhasilan timnya.
Namun, seperti yang dilansir Daily Mail, Ferguson mulai kecewa dan marah dengan sikap Ronaldo yang dengan terbuka menyatakan persetujuannya dengan komentar atau klaim Presiden FIFA, Sepp Blatter, yang memandang di Old Trafford Ronaldo tak lebih dari seorang budak }.
Karena itulah, Ferguson membatalkan jadwalnya semula menemui Ronaldo di Lisbon, Portugal, pada Minggu ini. Padahal, pertemuan itu direncanakan Ferguson sebagai ajang temu untuk menjernihkan masalah Ronaldo. Pertemuan yang andaikata terwujud, merupakan kali pertama bagi mereka sejak akhir musim lalu.
Geram dengan sikap Ronaldo itu, Ferguson lebih memilih berdiam di Manchester guna mematangkan rencana klub yang akan mencoba menggoyang Tottenham Hotspur dengan cara menyodorkan tawaran 20 juta pound }.
Ferguson, yang telah kehilangan tangan kanannya Carlos Queiroz yang hijrah ke Portugal, bakal menangani secara langsung skuad The Red Devils yang akan terbang ke Afrika Selatan, Rabu, 16 Juli, guna menjalani tiga pertandingan persahabatan sekaligus pemanasan menjelang dimulainya kompetisi musim 2008-09. “Tadinya manajer berharap bisa menyelesaikan soal Ronaldo. Namun, tampaknya, hal itu ditunda setelah tim kembali dari Afrika Selatan,” kata sang sumber di Old Trafford.
Ronaldo diboyong Ferguson ke Manchester di bursa transfer musim panas 2003, tepatnya 12 Agustus 2003, dengan fee transfer 12,24 juta pound atau lebih dari Rp 222 miliar. Pada 13 April 2007, Ronaldo—ketika itu masih berusia 22 tahun—setuju kontraknya di Old Trafford diperpanjang lima tahun atau sampai musim panas 2012 dengan gaji 120 ribu pound , gaji tertinggi sepanjang sejarah klub.
“Tidak ada yang memaksanya untuk menandatangani tersebut. Ia justru gembira menekennya. Jadi, ia tidak dapat mengubah pikirannya dengan bertingkah,” cibir sang sumber.
MU sendiri berencana untuk melakukan ’serangan balik’ kepada Blatter terkait pernyataannya soal Ronaldo dengan menunjuk komentar berseberangan yang dilontarkan Presiden FIFA berusia 72 tahun itu terkait kasus Andy Webster, Januari 2006 lalu.
Ketika itu, FIFA memberi titah kepada Webster—yang memutus sepihak kontrak kerjanya dengan Hearts—untuk membayar kompensasi sebesar 650 ribu pound . Jumlah kompensasi itu akhirnya direduksi menjadi 150 ribu pound . Blatter pun berteriak. ”Keputusan yang merusak sepakbola dan menjadi kemenangan bagi para pemain dan agen yang mau memutuskan kontrak kerjanya sebelum masa kontrak itu dipenuhi,” ujar Blatter.
Memang aneh jika sosok seperti Ronaldo dan Blatter menuding pemain sepakbola profesional dewasa ini mirip dengan seorang budak. Sebab, logikanya, mana ada budak di dunia ini yang mempunyai gaji sebesar Rp 2,18 miliar per minggunya. Sangat tepat jika Pele mengatakan Ronaldo bukan budak dan wajib memenuhi kontrak yang telah ditandatanganinya }.
Menyimak aturan yang ada, kentara jika kasus Ronaldo sangat berbeda dengan bintang Chelsea, Frank Lampard. Gelandang Timnas Inggris berusia 30 tahun ini diperbolehkan untuk pindah klub—ke Inter Milan seperti yang ramai diberitakan—di bursa transfer musim panas ini dengan cara memutus kontraknya seperti halnya yang dilakukan Webster. Sebab, Lampard telah menyelesaikan tiga tahun dari kontrak kerjanya yang berakhir di musim panas 2009.
Ronaldo? Kontrak barunya diteken pada April 2007 lalu yang berdurasi lima tahun atau sampai 2012. Artinya, Ronaldo baru bisa mengaktifkan Klausul Webster di bursa transfer musim panas 2010. Dengan catatan Ronaldo menyodorkan notice atau permintaan tertulis untuk memutus kontraknya 15 hari sebelum kompetisi musim 2009-10 berakhir. Satu langkah yang tidak dilakukan Lampard di akhir April lalu.

sumber Sinyal Ferguson Kecewa dengan Ronaldo : LiputanBola.Com
SINYAL FERGUSON KECEWA DENGAN RONALDO

Tidak ada komentar: