Jumat, 01 Agustus 2008

Jurus Platini Proteksi Pemain Muda dan Lokal Seputar Berita Dunia Sepak Bola

JURUS PLATINI PROTEKSI PEMAIN MUDA DAN LOKAL SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

JURUS PLATINI PROTEKSI PEMAIN MUDA DAN LOKAL

Kian maraknya klub-klub elite di Eropa yang memakai para pemain muda yang sejatinya bukanlah hasil binaan klub-klub itu sendiri dan begitu banyaknya pemain asing membuat miris Michel Platini. Karena itu, legenda hidup sepakbola asal Prancis yang kini menjadi orang nomor satu di UEFA itu bertekad untuk melindungi kelangsungan para pemain muda dan pemain lokal }.
Guna merealisasikan niatnya itu, Platini, seperti yang dilansir Daily Telegraph, menyampaikan dokumen rahasia kepada para menteri negara-negara Eropa, dengan maksud meminta kepedulian, dukungan dan pengesahan dari Uni Eropa untuk melarang adanya transfer pemain yang berusia dini , kuota pemain asing atau yang populer disebut formula “6+5”, dan sanksi tegas bagi klub-klub yang salah dalam mengelola keuangannya.
Andaikata proposal Platini itu disetujui UE, badan tertinggi di Eropa, alhasil di masa mendatang publik sepakbola tidak akan lagi menyaksikan upaya “penculikan” yang dilakukan Arsenal terhadap bintang Cardiff City, Aaron Ramsey }, Tottenham Hotspur yang menggaet talenta muda Crystal Palace yang masih berusia 16 tahun, John Bostock } dan kasus seperti yang The Gunners lakukan terhadap pemain Southampton, Theo Walcott.
“Apa gunanya klub melatih pemain jika akhirnya mereka hijrah pada saat usianya masih muda. Perlu ada aturan nyata untuk melindungi klub-klub dari pola-pola seperti itu. Kami sangat berharap UE peduli,” tegas sumber dari dalam UEFA.
Upaya Platini untuk melindungi para pemain muda dari jeratan klub-klub besar didukung Presiden Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge yang baru saja didaulat menjabat sebagai Chairman Asosiasi Klub Eropa , lembaga yang menggantikan G14.
Mantan striker Timnas Jerman berusia 52 tahun itu menilai langkah klub besar seperti yang dilakukan The Gunners—dengan fee minimum mencomot Francesc Fabregas dari Barcelona ketika usianya masih 16 tahun—wajib dihentikan. “Kami harus melindungi para pemain. Lagipula, cara-cara seperti Fabregas pindah ke Inggris mesti dihindarkan,” tandas Rummenigge.
UEFA menuding pola-pola rekrutmen para pemain muda itu sebagai “perdagangan gelap”. Rummenige pun menyadarinya. “Bayern mempunyai pemain terbaik di Piala Dunia U-17. Namanya, Toni Kroos. Ketika turnamen berlangsung sekitar 20 pencari bakat dari Inggris sibuk mengamatinya. Hal seperti itu jelas sangat buruk bagi kami. Makanya, harus ada perubahan.”

sumber Jurus Platini Proteksi Pemain Muda dan Lokal : LiputanBola.Com
JURUS PLATINI PROTEKSI PEMAIN MUDA DAN LOKAL

Tidak ada komentar: