Kamis, 14 Agustus 2008

FIFA Timbang Pemakaian Lapangan Sintetis di PD 2010 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

FIFA TIMBANG PEMAKAIAN LAPANGAN SINTETIS DI PD 2010 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FIFA TIMBANG PEMAKAIAN LAPANGAN SINTETIS DI PD 2010

Ada buah tangan yang dibawa Presiden FIFA, Sepp Blatter, seusai menyaksikan secara langsung perhelatan Piala Afrika 2008 yang digelar 20 Januari sampai 10 Februari di Ghana. Yaitu, munculnya ide atau gagasan untuk menyelenggarakan seluruh pertandingan di putaran final Piala Dunia 2010 di atas permukaan lapangan buatan atau rumput sintetis.
Dalam benak Blatter, opsi penggunaan artificial pitch itu didasarkan dari pengamatannya melihat fluktuatifnya kondisi cuaca di Afrika. Kadang ‘dipanggang’ cuaca panas dan kadang pula diguyur hujan sangat lebat. Satu kondisi yang bakal mengganggu kualitas permukaan lapangan rumput . Jika itu terjadi di PD 2010, sangat besar kemungkinan pertandingan terganggu.
“Meskipun belum menjadi keputusan akhir, kami telah mendapat gambaran terkait kemungkinan penggunaan lapangan buatan atau rumput sintetis di PD 2010 nanti,” ujar Blatter, Senin kemarin, seperti yang dikutip harian The Independent. Sebab, “Dengan artifisial, kondisi lapangan bisa diklaim sama sepanjang tahunnya,” imbuhnya.
Blatter mengklaim ide pemakaian lapangan buatan itu muncul seusai dia menyaksikan sejumlah laga Piala Afrika 2008. “Saya menyaksikan sebagian besar laga penting di kompetisi ini. Saya harus akui bahwa level permainan yang ditampilkan negara-negara Afrika begitu tinggi. Sayangnya, saya tidak suka dengan permukaan lapangan di stadion. Terutama di Akra . Rumputnya ketinggian,” ungkap Blatter.
Nah, “Lagipula, pemakaian permukaan artifisial juga menjadi solusi bagi para pemilik stadion. Lapangannya bisa digunakan lebih dari satu kali di setiap pekannya. Plus, tidak hanya sepakbola yang bisa dimainkan di lapangan artifisial. Olahraga yang lainnya pun dimungkinkan untuk digelar di lapangan seperti itu,” tambah Blatter.
Ide Blatter tersebut tentunya bakal menuai kontroversi. Sejumlah tim dipastikan akan menolak dengan tegas usul tersebut. Masalahnya, sangat signifikan perbedaan antara bermain di lapangan rumput biasa dengan buatan . Contohnya, timnas Inggris. Kegagalan pasukan Steve Mc Claren sedikit banyak disebabkan kekalahan Wayne Rooney dkk di tangan Rusia, 17 Oktober 2007 lalu. Ketika itu partai digelar di Luzhniki Stadium, Moskow, stadion yang memakai rumput sintetis.

sumber FIFA Timbang Pemakaian Lapangan Sintetis di PD 2010 : LiputanBola.Com
FIFA TIMBANG PEMAKAIAN LAPANGAN SINTETIS DI PD 2010

Tidak ada komentar: