Selasa, 05 Agustus 2008

FIFA Siapkan Langkah Darurat Seputar Berita Dunia Sepak Bola

FIFA SIAPKAN LANGKAH DARURAT SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FIFA SIAPKAN LANGKAH DARURAT


Banyak kalangan yang meragukan kesiapan Afrika Selatan yang ditunjuk Federasi Sepakbola Internasional untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Keputusan FIFA untuk menyajikan event terbesar di muka bumi ini untuk yang pertama kalinya di benua Afrika itu dinilai sebagai 'sesuatu yang sangat berisiko".

Banyak faktor yang memang harus dapat diatasi FIFA dan Afrika Selatan untuk dapat menyelenggarakan event raksasa itu. Mulai dari segi finansial alias ongkos untuk membangun semua infrastruktur yang diperlukan sampai faktor keamanan dalam negeri Afrika Selatan itu sendiri.

Seperti yang dilansir Sporting Life, Presiden FIFA Sepp Blatter mengakui sampai sejauh ini persiapan yang telah dilakukan Afrika Selatan masih jauh dari kata memuaskan. Terutama pembangunan fisik stadion yang dikabarkan mengalami beberapa kali penundaan dari jadwal semula.

Rencananya event yang akan digelar sejak 11 Juni sampai 11 Juli 2010 itu akan dilangsungkan di 10 stadion di seantero Afrika Selatan. Dari kesepuluh stadion tersebut, lima di antaranya adalah stadion baru. Artinya, pembangunan dimulai dari nol. Lima stadion tersebut adalah Stadion King Senzangakhona di Durban yang berkapasitas 70 ribu penonton, Stadion Greenpoint , Stadion Nelson Mandela Bay , Stadion Peter Mokaba , dan Stadion Mbombela .

Sementara lima stadion lainnya hanya memerlukan renovasi atau perbaikan. Kelima stadion tersebut adalah Stadion Soccer City , Stadion Ellis Park , Stadion Loftus Versfeld , Stadion Free State , dan Stadion Royal Bafokeng . Pembangunan stadion baru dan renovasi stadion lama diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 1,077 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 9,7 triliun atau tiga setengah kali lipat dibanding perkiraan semula.

Ketika disinggung tentang rencana FIFA menghadapi permasalahan seputar persiapan Afrika Selatan, Blatter mengakui pihaknya telah melakukan contingency plan alias langkah darurat mengantisipasi timbulnya kemungkinan terburuk, yaitu dengan memindahkan lokasi tempat penyelenggaraan.

Ke negara mana? "Banyak negara yang akan siap untuk mengatur even sebesar Piala Dunia dalam dua hari atau dua bulan. Yaitu Amerika Serikat dan Meksiko. Mereka punya stadion yang cukup . Jepang? Saya yakin mereka bisa," kata Blatter seperti yang dikatakannya kepada BBC Inside Sports.

Selain negara-negara itu Blatter juga mengaku Inggris dan Spanyol termasuk negara-negara yang masuk dalam pertimbangannya dalam rencana darurat tersebut. "Tentu saja, saya yakin Inggris bisa melangsungkan event tersebut. Begitu pula dengan Spanyol. Jadi, banyak negara yang saya pikir siap untuk menjadi host. Tapi, mereka tidak perlu buru-buru untuk pasang kuda-kuda ," tegas Blatter.

sumber FIFA Siapkan Langkah Darurat : LiputanBola.Com
FIFA SIAPKAN LANGKAH DARURAT

Tidak ada komentar: