Selasa, 05 Agustus 2008

Afsel Yakin PD 2010 Aman Seputar Berita Dunia Sepak Bola

AFSEL YAKIN PD 2010 AMAN SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

AFSEL YAKIN PD 2010 AMAN


Afrika Selatan boleh berbangga diri menjadi negara Afrika pertama yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Lewat siaran televisi, pesta terakbar dalam pergelaran sepakbola di muka bumi ini diprediksi akan ditonton sekitar 30 miliar pemirsa di seluruh penjuru dunia.

Namun, seiring dengan terpilihnya Afsel menjadi penyelenggara PD 2010, timbul kekhawatiran terkait tingginya angka kriminalitas di negeri yang pernah disorot karena rezim apartheid-nya itu.

Sesuai dengan laporan Departemen Pertahanan dan Keamanan, dalam periode 12 bulan terakhir, antara 2005-06 terdapat 18.528 aksi pembunuhan, 54.926 pemerkosaan dan 226.942 tindak penyerangan atau penganiayaan. Karena itulah, pada November 2006 lalu, Duta Besar AS untuk PBB, Eric Bost merasa cemas dan mengklaim tingginya angka kriminalitas tersebut akan berpotensi menyurutkan niat para turis atau pecinta sepakbola untuk datang ke Afrika Selatan.

Tapi, klaim Bost itu dibantah Andre Pruis, Deputi Komisioner Kepolisian Afrika Selatan. Menurut Prius, tingginya angka kriminalitas tersebut tidak akan mempengaruhi jumlah pendatang atau penonton PD 2010 karena lokasi di mana tindak kriminal itu terjadi berada jauh dari arena pertandingan. "Dimana lokasi pertandingan sepakbola itu berada tidak akan terjadi tindak kriminal yang tinggi," kata Pruis seperti yang dikutip Reuters.

Dalam sesi pidatonya di International Sport Security Summit di London, Pruis mengatakan, untuk menangani masalah keamanan selama berlangsungnya PD 2010 yang diperkirakan akan menarik 360 ribu pengunjung dari luar negeri, pihaknya telah mendapat bantuan dari pemerintah sebesar 490,5 juta dolar AS atau sekitar Rp 4,4 triliun. Sebagian dari dana itu digunakan untuk menambah personel kepolisian menjadi sebesar 195 ribu orang. Selama berlangsungnya pergelaran PD 2010, pihak kepolisian akan mendapat dukungan dari 320 tibu personel keamanan pribadi.

Prius menegaskan Afsel tetap mendapat dukungan penuh dari Presiden FIFA, Sepp Blatter. "Ketika timbul isu untuk memindahkan tempat penyelenggaraan Piala Dunia muncul ke permukaan publik, Blatter mengatakan kepada kami, pilihan pertama adalah Afrika Selatan. Kedua, Afrika Selatan juga. Dan, ketiga, tetap Afrika Selatan," klaim Prius.

Prius berharap kesuksesan negaranya ketika menyelenggarakan event-event internasional, seperti Piala Dunia Rugby 1995 dan Pesta Olahraga Afrika 1999 dapat menambah kepercayaan diri bagi pihaknya untuk dapat menyelenggarakan PD 2010 dengan aman dan lancar.

Pertandingan PD 2010 rencananya akan diselenggarakan di 10 stadion yang tersebar di seluruh Afrika Selatan. Partai finalnya sendiri dijadwalkan akan berlangsung di Soccer City Stadium, Johannesburg yang mempunyai kapasitas 95 ribu tempat duduk. FIFA sendiri bakal melakukan pengecekan terakhir terkait soal keamanan pihak penyelenggara pada bulan Juni 2009, setahun sebelum PD 2010 berlangsung.

sumber Afsel Yakin PD 2010 Aman : LiputanBola.Com
AFSEL YAKIN PD 2010 AMAN

Tidak ada komentar: