Selasa, 05 Agustus 2008

Amerika Saingi Inggris Seputar Berita Dunia Sepak Bola

AMERIKA SAINGI INGGRIS SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

AMERIKA SAINGI INGGRIS


Inggris gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2006 yang pada akhirnya diselenggarakan Jerman dengan sangat memuaskan banyak pihak. Dengan kenyataan demikian Asosiasi Sepakbola Inggris lantas putar haluan. Negeri yang mengklaim sebagai penemu permainan paling menyedot perhatian sejagat ini lantas mengincar even Piala Dunia 2018.

FA tidak bergerak sendirian. Dukungan datang untuk membawa sepakbola ke tanah ibu pertiwi, pemerintah Inggris lewat Menteri Keuangan, Gordon Brown siap memberikan dukungan penuh. Calon kuat pengganti Tony Blair di pemerintahan monarki tertua di dunia yang masih bertahan itu menganggap sudah saatnya Inggris mengambil peran penting }.

Namun niat Inggris tersebut bakal mendapat tantangan serius dari Amerika Serikat . Presiden Federasi Sepakbola Amerika Serikat , Sunil Gulati mengatakan tengah bersiap untuk mengajukan penawaran resmi untuk PD 2018. Selain itu AS juga masih menyatakan kesiapannya menjadi backup tuan rumah PD 2014.

Seperti dilansir BBC, Gulati berkata: "Kami telah menunjukkan di tahun 1994 kalau AS mampu menjadi tuan rumah even sebesar Piala Dunia. Kami akan membuat even tersebut berlangsung secara spektakuler. Kami selalu ingin mengambil peran penting untuk olahraga internasional seperti apa yang telah kami lakukan pada 1994."

FA secara resmi belum mengajukan penawaran untuk 2018 tapi dengan dukungan yang telah diberikan oleh pemerintah membuat FA semakin pede. Dan dengan fakta bahwa Inggris belum pernah menjadi tuan rumah PD sejak 1966, FA yakin Inggris akan menjadi kandidat terkuat untuk menyelenggarakan PD 2018.

Gulati mengklaim FIFA sangat terbuka dengan penawaran yang akan diajukan oleh AS dan Concacaf menyambut positif tentang ide tersebut. Gulati menambahkan: "Kami juga memiliki sejarah dan trek rekor yang baik ."

Sedangkan untuk PD 2014, Brasil menjadi favorit menjadi tuan rumah dengan hanya Kolombia yang berani mengajukan diri sebagai pesaing. Keputusan akan diambil FIFA tahun ini dan jika Brasil dinyatakan tidak layak, Presiden FIFA, Sepp Blater akan mencari kontestan lain. Gulati mengatakan bahwa USSF lebih fokus mengejar menjadi tuan rumah pada 2018, bukan 2014. Tapi, "Jelas FIFA tahu kapabilitas kami dan jika terjadi perubahan, kami akan terbuka dengan segala kemungkinan," jelas Gulati.

sumber Amerika Saingi Inggris : LiputanBola.Com
AMERIKA SAINGI INGGRIS

Tidak ada komentar: