Rabu, 20 Agustus 2008

Chelsea Lebih Favorit Seputar Berita Dunia Sepak Bola

CHELSEA LEBIH FAVORIT SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

CHELSEA LEBIH FAVORIT

Satu tempat di partai final Liga Champions 2007-08 jadi milik klub asal Inggris. Masalahnya Chelsea atau Liverpool yang akan menempatkan diri di Luzhniki Stadium di Moskow, Rusia? Rabu atau Kamis dinihari—WIB, jawaban akan ternyana dalam leg kedua semifinal yang digelar di Stamford Bridge.
Chelsea yang nanti bertindak tuan rumah punya keuntungan setelah pada pertemuan pertama sukses menahan Liverpool 1-1 di Anfield. Gol away yang sangat berharga yang tercipta berkat bunuh diri John-Arne Riise di masa injury time. Apes-apesnya, The Blues cukup menahan imbang tanpa gol maka sejarah untuk pertama kalinya tampil di final.
Situasi yang disadari oleh skipper Liverpool, Steven Gerrard. “Realistis saja, keuntungan ada di tangan Chelsea. Mereka tim hebat dan sangat kuat jika tampil di kandang,” ujar Gerrard kepada BBC. Akan tetapi, “Kami dalam beberapa tahun belakangan tampil baik di partai away ketika berlaga di kancah Eropa.”
Catatan statistik juga tidak berpihak. The Reds belum sekalipun mencetak gol di gawang Chelsea dari delapan partai tandang terakhir sejak dipegang manajer Rafael Benitez. Memang di Liga Champions Liverpool dianggap sebagai pembunuh Chelsea. Tapi sebelumnya Liverpool yang memegang partai pamungkas—tampil di kandang pada leg kedua }.
Di bawah arahan Avram Grant, Chelsea mampu menjaga rekor tanpa terkalahkan di kandang. John Terry dkk belum sekalipun merasakan betapa getirnya takluk di depan pendukung sendiri sepanjang total 66 partai. Benitez juga sadar betapa lawan sangat berambisi membalas sakit hati tersingkir di babak serupa musim lalu lewat drama adu penalti.
“Menurut hemat saya mereka sangat ingin menang. Suporter mereka pastinya akan memberi dukungan total. Para pemain Chelsea mengetahui betapa pentingnya partai ini. Saya berharap mereka justru berada di bawah tekanan,” terang Benitez. Chelsea dua kali disingkirkan Liverpool di babak semifinal, musim lalu dan pada 2004-05.
Di samping itu Benitez juga mewaspadai catatan wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Wasit asal Italia, Roberto Rosetti memiliki catatan nyeleneh di mata Benitez. Enam kali Rosetti memimpin pertandingan di kancah Eropa dan lima kali di anataranya tim tuan rumah menang. Tambah unik, satu partai tim tandang yang menang adalah ketika Chelsea melawat ke Valencia. “Mengejutkan? Memang rada aneh,” sambung Benitez.
Bukti kedigdayaan Chelsea di Stamford Bridge jelas. Sabtu lalu, Manchester United dibekap 2-1. Kemenangan teranyar yang membuka lebar persaingan dalam perebutan Liga Premier. Juga hasil yang bakal mendongkrak moral Terry dkk. Apalagi Frank Lampard bisa kembali bermain setelah melewati masa berkabung ditinggal wafat ibundanya, Pat Lampard.

sumber Chelsea Lebih Favorit : LiputanBola.Com
CHELSEA LEBIH FAVORIT

Tidak ada komentar: