Sabtu, 16 Agustus 2008

Bernabeu, Venue Final Liga Champions 2010 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

BERNABEU, VENUE FINAL LIGA CHAMPIONS 2010 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

BERNABEU, VENUE FINAL LIGA CHAMPIONS 2010

Untuk keempat kalinya dalam sejarah pergelaran Liga Champions, Stadion Santiago Bernabeu, markasnya Real Madrid, mendapat kehormatan dari UEFA untuk menggelar babak final kompetisi sepakbola antar klub paling tertinggi di seantero Eropa itu.
Kali ini, Bernabeu ditunjuk sebagai host atau tuan rumah babak final Liga Champions di musim 2009-10, yang rencananya digelar pada 22 Mei 2010. Sebelumnya, Bernabeu menjadi tempat partai pamungkas di musim 1957, 1969, dan 1980.
Bernabeu dan Stadion Wembley merupakan kandidat terkuat di antara lima stadion yang bersaing menggelar babak final Liga Champions 2010 dan 2011. Namun, gara-gara soal pajak, UEFA mencoret Wembley setelah pemerintah Inggris tak kunjung memberikan jaminan atau garansi untuk tidak memungut pajak kepada para pemain yang bertanding di partai pamungkas tersebut.
Keputusan penunjukkan Bernabeu sekaligus pencoretan Wembley itu diumumkan Presiden UEFA, Michel Platini dalam konferensi persnya di hari Jumat, 28 Maret 2008. “Ya, benar, alasan itu disebabkan masalah pajak,” tegas Platini seusai sidang Komite Eksekutif UEFA. Lebih lanjut Platini menambahkan, “Kepedulian kami soal pajak para pemain telah dieliminir oleh FA Inggris. Sayangnya, kami tidak mendapat konfirmasi dari pemerintah Inggris.”
Dalam benak UEFA, pajak yang dikenakan terhadap para pemain seharusnya dilakukan di negara domisili pemain tersebut. Karenanya, UEFA menganggap tidak fair andaikata pemain kembali mendapat pungutan pajak ketika bermain di negara lain.
Sebelumnya, Platini mengakui jika pemerintah Jerman bersikap lebih terbuka dan adil dibanding Inggris dengan menjamin bakal membebaskan para pemain dari pungutan pajak andaikata Komite Eksekutif UEFA menunjuk Olympiastadion dan Allianz Arena sebagai tempat babak final.
Sementara, di Spanyol tidak berlaku aturan pajak langsung. Selain Bernabeu, Stadion Mestalla, markasnya Valencia, juga menjadi wakil La Liga dalam persaingan memperebutkan tempat final Liga Champions di tahun 2010 dan 2011.
Komite Eksekutif UEFA pun memutuskan untuk menunda pengumuman venue final Liga Champions 2011 sekaligus membuka kembali penawaran. Penasihat Platini, William Gaillard mengaku penundaan itu disebabkan UEFA cenderung memilih Wembley. “Ini akan memberi mereka kesempatan untuk memberikan jawaban terkait soal pajak. Tentu, di mata kami, Wembley adalah venue yang luar biasa,” aku Gaillard.
Sementara itu, untuk babak final UEFA Cup, Komite Eksekutif menunjuk HSH Nordbank Arena, kandangnya Hamburger SV. Sama halnya dengan Liga Champions, keputusan penunjukkan venue final UEFA Cup di tahun 2011 juga ditunda. Menurut Platini, keputusan itu merupakan risiko dari penundaan venue Liga Champions, sebagai antisipasi terhindarnya penyelenggaraan final dua kompetisi klub tertinggi di Eropa itu diselenggarakan di satu negara.

sumber Bernabeu, Venue Final Liga Champions 2010 : LiputanBola.Com
BERNABEU, VENUE FINAL LIGA CHAMPIONS 2010

Tidak ada komentar: