Sabtu, 16 Agustus 2008

Tekad Platini Untuk Pemain Muda Seputar Berita Dunia Sepak Bola

TEKAD PLATINI UNTUK PEMAIN MUDA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

TEKAD PLATINI UNTUK PEMAIN MUDA

Banyaknya klub sepakbola yang memakai jasa pemain asing bukanlah fenomena aneh saat ini. Faktor inilah yang kerap dituding sebagai salah satu penyebab melempemnya timnas suatu negara. Namun, biar bagaimanapun hal ini tidak dapat dihindari lagi dan sudah menjadi bagian dari industri sepakbola modern.
Kini, kekhawatiran mulai terarah pada maraknya klub-klub kaya Eropa mengontrak pemain-pemain muda yang bukan hasil binaan klub itu sendiri. Meski terdapat peraturan yang mengatur batas usia pemain boleh berkompetisi di ajang resmi, klub-klub tersebut tidak kekurangan akal. Mereka mentransfer dan mengontrak pemain berusia dini terbut untuk selanjutnya ditempatkan di tim cadangan . Saat pemain tersebut sudah mencapai usia yang diperbolehkan untuk berlaga di kompetisi profesional, barulah klub tersebut memasukkannya dalam tim senior.
Praktek-praktek seperti ini tak ayal membuat Presiden UEFA, Michel Platini, berang. Demi mewujudkan tekadnya melindungi pemain muda, Platini merencanakan untuk mengadakan pertemuan dengan Komisi Eropa untuk membahas peraturan tenaga kerja yang dapat dipakai dalam sepakbola. Sasaran yang ingin dicapai adalah agar pemain-pemain muda tidak dapat dengan mudah diambil oleh klub-klub negara lain. Komisi Eropa sendiri merupakan salah satu institusi yang menjalankan fungsi memberikan dasar hukum bagi pemerintahan Uni Eropa.
“Saya telah berkata pada Komisi Eropa bahwa kita seharusnya memberi sanksi terhadap transfer pemain usia dini. Kontrak pertama seorang pesepakbola seharusnya adalah untuk klub yang telah melatihnya. Kamu tidak melatih seseorang untuk menjualnya, kamu melatih pemain agar ia dapat bermain ,” papar Platini seperti dikutip Goal.
Ia menambahkan “Saya benar-benar tidak suka jika melihat klub-klub seperti Lugano, Geneve, Brescia, atau Nancy melatih pemain dan ketika pemain tersebut berusia 16 tahun, mereka dibeli oleh klub kaya. Kami akan berjuang untuk itu.!”
Untuk mewujudkan tekadnya tersebut, Platini akan mencari dukungan dari Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, dan Menteri Olahraga Prancis, Roselyne Bachelot. Andai perjuangan Platini berhasil dipastikan empat klub besar Inggris-MU, Arsenal, Chelsea, dan Liverpool, akan kalang kabut. Pasalnya, keempat klub ini memiliki banyak pemain muda non Inggris di tim junior dan cadangan mereka.

sumber Tekad Platini Untuk Pemain Muda : LiputanBola.Com
TEKAD PLATINI UNTUK PEMAIN MUDA

Tidak ada komentar: