Sabtu, 16 Agustus 2008

Hasebe Nikmati Tantangan Bundesliga Seputar Berita Dunia Sepak Bola

HASEBE NIKMATI TANTANGAN BUNDESLIGA SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

HASEBE NIKMATI TANTANGAN BUNDESLIGA

Masuknya Kazuyoshi Miura ke Genoa pada 1994 seolah membuka jalan bagi masuknya pemain-pemain Jepang ke benua biru. Sayangnya karir “King Kazu” di Genoa kurang sukses, ia hanya mencetak satu gol selama karir di klub Italia tersebut. Penerus Miura, seperti Hidetoshi Nakata dan Shunsuke Nakamura lebih beruntung. Mereka mampu menjadi tulang punggung bagi klub masing-masing. Nakata turut andil membawa AS Roma juara Serie A pada 2001, sedangkan Nakamura memberikan gelar juara Liga Skotlandia pada 2006 dan 2007.
Kesuksesan Nakata dan Nakamura menginspirasi pemain-pemain muda Jepang untuk berkarir di Eropa. Salah satunya adalah gelandang VfL Wolfsburg, Makoto Hasebe. Hasebe yang baru ditransfer dari Urawa Reds pada Januari lalu. Pemain berusia 24 tahun ini merasa senang dengan pengalaman barunya di Bundesliga. Apalagi, setelah di klub asalnya ia selalu disandingkan dengan Keita Suzuki, kini ia harus bekerja sendiri.
”Inilah pengalaman pertamaku,” ucap Hasebe kepada harian Asahi, ”Pelatih Magath berharap saya dapay mengirim operan yang efektif agar dapat menyusun serangan dari belakang. Saya memainkan fungsi pertahanan dan penyerangan disini. Layaknya sebuah sistem, hal ini serupa dengan apa yang dilakukan Timnas Jepang beberapa kali, jadi saya pikir ini pengalaman berharga. Ini sangat menantang. Saya harus berkonsentrasi pada posisi saya dan selalu berpikir sepanjang permainan,” imbuhnya lagi.
Hasebe mengakui kalau dirinya masih beradaptasi dengan faktor-faktor fisik yang terdapat di sepakbola Jerman. “Ada satu poin khusus di sini . Para pemain sangatlah kuat dan tangguh dalam pertarungan satu lawan satu. Mereka mengandalkan kekuatan fisik daripada skill.” ujar pemain dengan caps 6 kali bagi Timnas Jepang ini.
Menyadari penampilannya bagi Timnas Jepang masih sedikit, Hasebe menyimpan harapan untuk dapat memperkuat Jepang pada kejuaraan-kejuaraan mendatang. Ia memaparkan ”Akan sangat baik jika dapat bermain bagi Timnas Jepang di Kejuaraan Asia Timur dan kualifikasi Piala Dunia. Namun saya mendapat pengalaman yang lebih baik di sini. Secara fisik saya menjadi lebih kuat dan berharap dapat menambahkannya pada kekuatan tembok lini tengah Jepang.”
”Jika saya dapat meningkatkan kemampuan menyerang dan bertahan, saya tidak akan menolak jika dipanggil timnas. Jika saya dapat melakukannya di Bundesliga, saya dapat membawanya ke dunia,” tutup Hasebe.

sumber Hasebe Nikmati Tantangan Bundesliga : LiputanBola.Com
HASEBE NIKMATI TANTANGAN BUNDESLIGA

Tidak ada komentar: