Minggu, 03 Agustus 2008

Kolombia Berminat Jadi Tuan Rumah PD 2014 Seputar Berita Dunia Sepak Bola

KOLOMBIA BERMINAT JADI TUAN RUMAH PD 2014 SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

KOLOMBIA BERMINAT JADI TUAN RUMAH PD 2014


Jika mengingat-ingat hajatan sebesar Piala Dunia yang diselenggarakan di Jerman yang baru saja usai, seluruh dunia pastilah terkagum-kagum atas kesuksesannya. Venue yang modern, keamanan yang terjamin, dan hilangnya kecurigaan para wasit bakal membantu habis-habisa tuan rumah seperti yang dituduhkan pada Korea empat tahun silam, adalah salah satu bukti kesuksesan Jerman. Orang mungkin akan mengatakan, jelas karena yang menyelenggarakan adalah sebuah negara maju yang penduduknya rata-rata sudah tak berpikir lagi soal perut.

Setelah itu, hajatan empat tahunan itu akan berpindah ke Afrika Selatan, negara di benua hitam pertama yang akan menjadi tuan rumah pesta berbiaya milyaran dollar AS itu. Menyebut Afrika orang akan langsung teringat akan bencana kelaparan parah yang telah menewaskan ribuan penduduknya, juga perang saudara yang tak pernah berhenti berkecamuk hampir di seluruh pelosok benua.

Tetapi, Afrika Selatan berbeda. Negeri yang pernah porak-poranda karena politik pembedaan warna kulit itu, kini telah menjelma menjadi sebuah negara yang maju –setidaknya untuk ukuran Afrika. Dan bukan tanpa alasan jika FIFA menyetujui negeri paling selatan di Benua Hitam itu untuk menjadi penyelenggara pesta olahraga paling populer di dunia itu.

Presiden Afsel, Tabo Mbeki sudah menepis keraguan akan kemampuan negerinya menjadi penyelenggara. Ia bahkan berjanji akan membenahi seluruh wilayah negaranya 'hanya' untuk sebuah pesta selama sebulan, stadion, bandara, bahkan seluruh sistem transformasi daratnya bakal dibenahi. Hanya satu yang menjadi ganjalan; keamanan! Afsel memang relatif bersih dari perang sudara akhir-akhir ini. Tetapi, kriminalitas jalananlah yang paling dikhawatirkan, karena sudah pasti bakal mengganggu kenyamanan para penonton yang jauh-jauh datang untuk mendukung tim kesayangannya.

Belum lagi pesta itu dimulai, perebutan untuk menjadi tuan rumah berikutnya, kini sudah dimulai. Dan, sebuah tawaran yang mengagetkan datang ke meja para petinggi FIFA, tawaran itu datang dari sebuah negara Amerika Latin, Kolombia! Bayangkan, sebuah negara yang sebagian besar rakyatnya hidup dari pengolahan daun coca dan dicap sebagai penghasil cocain terbesar di dunia termasuk legenda kartel-kartel obat bius yang ganas, kini mencalonkan diri untuk menjadi tempat berkumpulnya jutaan penggila bola dari seluruh dunia!

Keinginan itu tercetus setelah Wakil Presiden Kolombia, Fernando Santos, bertemu dengan Presiden Federasi Sepak Bola Afsel , Nicolas Leoz. Padahal Kolombia sebelumnya pernah menyatakan bahwa federasi sepak bola negaranya, bersama sepuluh negara Amerika Selatan lainnya telah setuju untuk mendukung Brasil sebagai calon berikutnya. Selain itu, Brasil yang gagal meraih kesempatan tahun 2010, hingga kini masih disebut sebagai calon kuat penyelenggara berikutnya.

Keinginan Wapres itu ternyata disambut baik oleh Sang Presiden, Alvaro Uribe, yang langsung menyetujui pendaftaran negaranya sebagai calon penyelenggara. "Tidak mudah untuk melaksanakan hal itu, tetapi segala kemungkinan masih bisa terjadi," kata Santos. "Tetapi saya percaya kami bisa jika kami bekerja keras di semua bidang, toh kompetisi seperti ini juga baik untuk kemajuan negara."

Kolombia memang layak bermimpi untuk itu, maklum, mereka pernah kehilangan kesempatan tahun 1986. Saat itu Kolombia telah ditunjuk untuk menjadi penyelenggara, tetapi dibatalkan oleh FIFA karena dianggap terlalu miskin. Dan kesempatan itu akhirnya diberikan kepada Meksiko. Meski ekonomi Kolombia saat ini semakin membaik, pertanyaannya terbesarnya adalah, apakah penonton mau datang ke sebuah negara yang terlanjur dicap sebagai 'sarang' kriminal? Mungkin saja, waktu delapan tahun bisa mengubah segalanya, toh pemilihannya sendiri baru akan dilakukan tahun 2008 nanti.

"Kami sudah mengalami banyak kemajuan dan perubahan, terutama dalam bidang ekonomi dan keamanan," tandas Presiden Uribe. Percaya?

sumber Kolombia Berminat Jadi Tuan Rumah PD 2014 : LiputanBola.Com
KOLOMBIA BERMINAT JADI TUAN RUMAH PD 2014

Tidak ada komentar: