Minggu, 03 Agustus 2008

FIFA Hukum Zidane dan Materazzi Seputar Berita Dunia Sepak Bola

FIFA HUKUM ZIDANE DAN MATERAZZI SEPUTAR BERITA DUNIA SEPAK BOLA

FIFA HUKUM ZIDANE DAN MATERAZZI


Dipimpin Marcel Mathier dari Swiss, Komite Disiplin FIFA, beranggotakan lima orang, yang bersidang hari ini, Kamis, 20 Juli, di Markas Besar FIFA di Zurich, Swiss, memutuskan menjatuhkan hukuman kepada dua pemain yang terlibat insiden tandukan kepala di babak final PD 2006 lalu, yaitu Zinedine Zidane dan Marco Materazzi .

Zidane, kapten tim Prancis yang mendapat kartu merah akibat ulahnya yang menandukkan kepala ke badan Materazzi mendapat sanksi larangan bermain selama tiga pertandingan internasional dan denda sebesar 7.500 franc Swiss . Berhubung Zidane sendiri telah memutuskan pensiun dari lapangan hijau alias gantung sepatu, maka sanksinya berbentuk akademis dan FIFA setuju dengan janji Zidane yang akan melakukan kerja sosial bersama anak-anak dan remaja selama tiga hari sebagai pengganti sanksi tersebut.

Sementara itu, Materazzi pun tak lupa kena getah dari kelakuannya yang melontarkan kata-kata penghinaan dan berulang kali melakukan provokasi terhadap Zidane. FIFA menjatuhkan hukuman larangan tampil sebanyak dua pertandingan internasional kepada Materazzi. Selain itu palang pintu Tim Azzurri itu mendapat denda sebesar 5.000 franc Swiss .

Sebelumnya, menyikapi insiden yang terjadi di babak kedua partai pamungkas babak final PD 2006 yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin, 9 Juli lalu, FIFA meminta keterangan atau pernyataan dari kedua pemain secara tertulis. FIFA pun memerintahkan kedua pemain untuk menghadiri hearing yang dilakukan secara face-to-face. Tapi, Materazzi, dengan alasan waktunya bentrok dengan liburan keluarga, menolaknya dan berinisiatif untuk menemui Komite Disiplin, 14 Juli lalu. Zidane sendiri bersedia memenuhi panggilan dengan menghadiri sidang Komite Disiplin selama 90 menit sesaat sebelum keputusan resmi itu dikeluarkan FIFA.

Menurut FIFA, kedua pemain telah sama-sama menyatakan penyesalannya atas kelakuan yang tidak senonoh itu. Namun, "Kedua pemain sama-sama mengaku kata-kata yang terlontar dalam insiden itu hanya bersifat kalimat hinaan belaka. Kedua pemain pun menekankan komentar Materazzi tidak sedikit pun yang mengisyaratkan rasisme," demikian pernyataan resmi FIFA.

Meskipun mendapat hukuman, status gelar Pemain Terbaik Dunia, sampai sejauh ini, masih tetap milik Zidane. Sebelumnya, Presiden FIFA, Sepp Blatter sempat mengisyaratkan akan mencopot gelar tersebut jika Zidane terbukti bersalah. Hal itu, bahkan, tidak dibicarakan dalam sidang, kata Andreas Herren, juru bicara FIFA.

sumber FIFA Hukum Zidane dan Materazzi : LiputanBola.Com
FIFA HUKUM ZIDANE DAN MATERAZZI

Tidak ada komentar: